Mohon tunggu...
Bakri Tambipessy
Bakri Tambipessy Mohon Tunggu... Junior

Mari Budayakan Membaca Sampai Habis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Eksistensi Pemuda melalui Gerakan 3B untuk Indonesia yang Gemilang

12 Agustus 2017   10:05 Diperbarui: 12 Agustus 2017   10:23 0 1 0 Mohon Tunggu...
Eksistensi Pemuda melalui Gerakan 3B untuk Indonesia yang Gemilang
koleksi pribadi

Indonesia itu adalah Negara yang unik karena Indonesia memilki ribuan pulau mulai dari Sabang hingga Merauke dari Miangas sampai pulau Rote atau sekitar 17.508 pulau kecil dan besar yang tersebar di bumi pertiwi ini. Indonesia itu unik karena Indonesia memiliki lebih dari 700 bahasa daerah serta memiliki lebih dari 14.000 suku bangsa dan sub suku bangsa. Indonesia itu unik karena letaknya yang strategis yaitu berada diantara dua Samudra , samudra Hindia dan samudra Fasifik serta dua benua, yakni benua Asia dan benua Afrika. Indonesia itu unik karena Indonesia terletak di tengah garis katulistiwa sehingga ketika terjadi pertukaran siang dan malam siklusya tetap berjalan dengan seimbang. Indonesia itu unik karena Indonesia kaya akan sumber daya alam yang merupakan warisan para leluhur bangsa yang berjuang mengusir penjajah selam 3.5 abad lamanya demi anak cucu bangsa di masa yang akan datang. 

Namun apa jadinya jika semua yang diwariskan para leluhur ini ternyata tidak di jaga dan dirawat dengan baik, tentu akan ada masaalah besar yang terjadi dan menjadi tantangan bangsa ini ke ara yang berkemajuan. Contoh kongkritnya yang sering terjadi yaitu, Penebangan pohon sembarangan, banjir bandang, polusi dimana-mana, kualitas sumber daya manusia yang terbatas, budaya yang semakin luntur oleh pengaruh budaya luar dan masih banyak lagi yang merongrong Negara ini. Hal inilah yang kemudian menjadi patokan kaum muda agar bisa merasa terpanggil untuk mengatasi serta mencegah terjadinya permasalahan yang akan trjadi pada setiap generasi ke generasi. 

Tentunya Negara ini sangatlah membutuhkan kualitas dan bukan hanya kuantitas manusianya, olenya itu peran pemuda sangat di butuhkan dalam berbagai peran yang akan di gerakan melalui kontribusi nyata kaum muda bagi masyarakat Indonesia menuju Indonesia yang gemilang. Kontribusi yang akan di lakukan adalah dengan gerakan 3 B yang akan membantu pemerintah untuk mencegah dan mengatasi masaalah bangsa yang terus terjadi dan menjadi virus atau racun tikus bagi Negara ini. Adapun gerakan 3 B itu sebagai berikut:

B yang pertama yaitu: Berpartisipasi

Kaum muda harus selalu berpartisipasi dalam setiap program pemerintah yang di progreskan khusunya untuk kebutuhan dan keluhan masyarakat untuk kepentingan bersama dalam mewujdkan keinginan dan kebutuhan sebuah Negara. Berpartisipasi yang di sebutkan disinilah adalah dengan melakukan berbagai kegiatan yang menjadi program pemerintah seperti JUMPA BERLIAN " atau Jum'at pagi bersih lingkungan" serta Indonesia bebas narkoba dan sebagainya. Dengan adanya partisipasi pemuda inilah yang kemudian menjadi ajakan tersendiri yang akan dirasakan oleh masyarakat sehingga secara otomatis masyarakat juga akan berperan serta bersama kaum muda yang memiliki perhatian penuh bagi bangsa dan Negara.

B yang Kedua yaitu: Berkontinue

Setiap program ataupun kegiatan yang dijalankan oleh kaum muda, haruslah terus berlanjut dan dilakukan terus menerus sehingga setiap masaalah yang sering terjadi akan semakain bekurang atauun hilang karena adanya budaya baru yang sudah dikembangkan oleh kaum muda itu sendiri. Untuk itu perlu adanya perhatian pemerintah terhadap setip program ataupun kegiatan yang di lakukan oleh kaum muda dalam mewujudkan inonesia yang gemilang.

dan B yang Ketiga yaitu: Bersyukur

selain berpartisipasi dan berkontinue, kaum muda juga haru selalu bersyukur dengan segala kekayaan alam yang di wariskan oleh para leluhur bangsa ini .perjuangan mengusir penjajah  bukanlah hal mudah yang dilakukan tetapi melalui sebuah proses yang luar biasa. Kaum muda harus selalu membayangkan betapa sulitnya mempertahankan bumi pertiwi untuk kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia. Dengan begitu kaum muda akan merasa sangat bertanggung jawab dan terus merawat kekayaan alam yang telah diwariskan ini.

ayoo...!! generasi muda bangsa kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang kapan lagi..

salam Bakri Tambipesssy

KONTEN MENARIK LAINNYA
x