Indonesia merupakan salah satu negara yang terkena pandemi Covid-19.
Sudah hampir dua tahun melanda Indonesia, sudah beberapa langkah dan tindakan
yang sudah dilakukan oleh pemerintah Indonesia sebagai upaya memperbaiki
keadaan karena virus ini yang berdampak terhadap berbagi hal. Akibat dari pandemi
covid-19 ini, menyebabkan diterapkannya berbagai kebijakan untuk memutus mata
rantai penyebaran virus covid-19 di Indonesia. Upaya yang dilakukan oleh
pemerintah di Indonesia salah satunya dengan menerapkan himbauan kepada
masyarakat agar melakukan physical distancing yaitu himbauan untuk menjaga jarak
diantara masyarakat, menjauhi aktivitas dalam segala bentuk kerumunan,
perkumpulan, dan menghindari adanya pertemuan yang melibatkan banyak orang.
Upaya tersebut ditujukan kepada masyarakat agar dapat dilakukan untuk memutus
rantai penyebaran pandemi covid-19 yang terjadi saat ini. Pembelajaran tatap muka
yang dilaksanakan 100 persen di sekolah, secara tiba-tiba mengalami perubahan yang
sangat drastis dan tak bisa dipungkiri di atas 50 persen pelajar dan mahasiswa berasal
dari masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah.
Pemerintah menerapkan kebijakan yaitu Work From Home (WFH). Kebijakan
ini merupakan upaya yang diterapkan kepada masyarakat agar dapat menyelesaikan
segala pekerjaan di rumah. Pendidikan di Indonesia pun menjadi salah satu bidang
yang terdampak akibat adanya pandemi covid-19 tersebut. Dengan adanya
pembatasan interaksi, kementerian pendidikan di Indonesia juga mengeluarkan
kebijakan yaitu dengan mengganti proses kegiatan belajar
mengajar (KBM) dengan menggunakan sistem dalam jaringan (daring). Dengan
menggunakan sistem pembelajaran secara daring ini, terkadang muncul berbagai
masalah yang dihadapi oleh siswa dan guru, seperti materi pelajaran yang belum
selesai disampaikan atau materi pembelajaran yang kurang jelas penyampaian nya
oleh guru. Khusus nya untuk mata pelajaran PJOK atau olahraga yang memang
pada seharusnya pembelajaran olahraga (PJOK) harus di laksakan secara praktek
dan harus menggunakan sistem demontrasi atau pemberian contoh agar anak
sekolah dasar tidak kebingungan dalam menerima materi materi yang di berikan
guru. di SDN 200 Leuwipanjang yang mana saya melaksanakan KKN di SD tersebut.
Permasalahan tentang pembuatan media pembelajaran yang harus sesuai dengan
modul serta mengatasi agar anak sekolah dasar bisa memahami materi yang di
berikan guru khusus nya pelajaran PJOK, yakni dengan menggunakan vidio pembelajaran
sebagai media yang tepat untuk memaparkan materi yang akan di berikan kepada siswa,
Agar lebih efektif dan lebih di pahami oleh siswa, dengan melalui media video
tidak hanya sebagai alat untuk pemberian materi saja tetapi guru juga dapat
memberikan tugas serta murid bisa mempraktekan materi materi olahraga yang di
berikan guru. Tentunya pembuatan vidio pembelajarannya pun harus di sesuaikan dengan
modul pembelajaran PJOK BDR. Agar Peserta didik tentu akan dapat memahami
apa yang dijelaskan oleh guru melalui video kreatif yang dibuat oleh guru tersebut.
Sehingga dengan adanya penerapan model pembelajaran di rumah ini, membuat siswa
tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran secara online.
Dengan adanya KKN yang diadakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian
Masyarakat (LPPM) UPI di semester genap 2020/2021 ini memiliki tema Kuliah
Kerja Nyata Tematik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi
dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi Covid-19 dan dilaksanakan pada
tanggal 1-30 Juli 2021. Program KKN tersebut dilakukan secara individu dan daring
di daerah sekitar tempat tinggal mahasiswa. saya Syukur Nugraha Mardiansyah mahasiswa
Universitas Pendidikan Indonesia yang melakukan kegiatan KKN di SDN 200
Leuwipanjang Kecamatan Bojongloa Kidul, Kota Bandung, dibawah pendampingan
DPL Dr.Dedi Rohendi, MT. Dengan permasalahan dan solusi yang disampaikan
mudah mudahan kegiatan pendampingan kepada guru, siswa, dan orang tua
siswa di SDN 200 Leuwipanjang dengan lancar.