Mohon tunggu...
sylva 21
sylva 21 Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

saya seorang wanita karier

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sejarah Gamis

24 Juni 2014   22:37 Diperbarui: 18 Juni 2015   09:14 1693 0 0 Mohon Tunggu...

Baju gamis atau biasa di sebut dengan abaya tradisional merupakan jubah hitam polos yang dikenakan oleh perempuan Muslim untuk menutup pakaian biasa mereka, Ini bisa digambarkan sebagai gaun jubah-seperti lengan panjang dan itu adalah bentuk tradisional pakaian untuk banyak negara di semenanjung Arab termasuk Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Di Iran abaya ini disebut sebagai chador dan di Asia Selatan burqa.

baju gamis menutupi seluruh tubuh kecuali wajah, kaki, dan tangan. Hal ini dapat dikenakan dengan niqab, cadar wajah meliputi semua tapi mata.

Asal-usul baju gamis tidak jelas. Sebagian orang berpendapat bahwa itu ada selama 4000 tahun yang lalu di peradaban kuno Mesopotamia dan ketika Islam muncul pada abad ketujuh, agama diserap praktek jilbab lokal ke budaya, mungkin karena tradisi berpakaian perempuan Arab Jahiliyah.

Sebagian orang berpendapat bahwa gagasan 'penutup' adalah lebih tentang tingkatan kelas daripada tentang agama. Dalam pra-Islam pusat perkotaan dengan jilbab Semenanjung Arab dipandang sebagai tanda hak istimewa dan mewah yang diberikan kepada perempuan yang tidak harus bekerja.

Mereka dibedakan dari gadis-gadis budak dan pelacur, yang tidak diizinkan untuk menutupi atau penutup, dan perempuan nomaden dan pedesaan terlalu sibuk bekerja direpotkan dengan sesuatu yang begitu praktis sebagai penutup wajah dan lapisan tambahan pakaian.

Saat ini, di beberapa negara terutama Indonesia dimana penduduk indonesia maayoritas beragama islam sebagian wanita menggunakan hijab.  Baju gamis saat ini memiliki berbagai macam model, yang awalnya kita kenal baju gamis hanya model baju yang menutupi aurat yang sederhana tapi saat ini baju gamis dapat kita jumpai dengan berbagai model dan tren saat ini.

Banyak juga kita temui berbagai toko baik mall, butik, dan toko-toko menyediakan dan menjual berbagai baju gamis dengan berbagai model dan tren dengan berbagai penawaran harga dari harga grosir gamis sampai dengan penawaran harga satuan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x