Mohon tunggu...
Syifa Aulia Nisa
Syifa Aulia Nisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas STIKOM InterStudi S1 Broadcasting

" Education is not the learning of facts, but the training of the mind to think "

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Tahap-tahap Mengelola Konten

22 April 2022   17:54 Diperbarui: 22 April 2022   17:59 349
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Tentu saja, ketika kita berbicara tentang media sosial,  kita perlu melihat sesuatu yang ditampilkan di media sosial. Iklan adalah konten yang disajikan oleh orang-orang yang memiliki akun, seperti foto, video, dan teks. Akun yang sering diunggah dapat dibagi menjadi dua jenis: akun  pribadi dan akun milik organisasi, institusi, atau perusahaan.

Akun milik pribadi biasanya terus membuat akun  sebagai pengunggah konten untuk berbagai tujuan seperti viralisasi. Namun, situasinya berbeda untuk  akun yang dikelola atau dikelola oleh  organisasi, otoritas, agensi, atau perusahaan. Akun yang dikelola oleh organisasi atau perusahaan memiliki tujuan yang  berbeda dengan akun  pribadi.

Akun perusahaan mengunggah konten untuk berbagai tujuan, termasuk: B. Media untuk branding, media untuk pemasaran (nilai jual), media informasi, dan beberapa tujuan lainnya.
 Tentu saja, saat menerbitkan konten, penulis konten perlu mengelola konten  agar berfungsi dengan lancar dan mencapai hasil yang diinginkan organisasi. 

Dari pengalaman saya, ketika mengelola konten dengan akun media perusahaan, penulis konten melakukan beberapa langkah.

 1. Jadwalkan unggahan
 Tergantung apa tujuan  kita  membangun media sosial. Misalnya, jika sebuah perusahaan atau organisasi melakukan aktivitas sehari-hari, konten yang disajikan dijadwalkan setiap hari karena perusahaan biasanya ingin mendokumentasikan aktivitas tersebut dan mengubahnya menjadi konten. 

Konten tersebut kemudian disajikan dalam bentuk cerita di platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan YouTube, bahkan dalam bentuk live streaming. Tergantung SDM (Sumber Daya Manusia) yang tepat.

2. Peka terhadap tren populer
 Apa pun yang ingin Anda jual, pasarkan, atau promosikan di media sosial, pembuat konten biasanya  harus peka terhadap topik yang sedang populer saat ini. B. Jika perusahaan  menjual. maka, kita menyempilkan konten kita itu adalah sebuah promosi yang di landasi oleh isu yang ingin kita bahas. 

Dengan begitu publik biasanya lebih perhatian pada konten kita karena ada isu yang populer tersebut, dan jika kita menyempilkan produk kita maka publik akan memperhatikan juga produk kita. Untuk itudalam penyajiannya seorang kreator membutuhkan kreativitas dalam membuatnya.

 3. Menetapkan Sasaran Dan Memilih Saluran
 Pakar komunikasi Harold Lasswell (dalam tulisanya yang berjudul the structure and function of communication in society) mengingatkan bahwa betapa pentingnya menetukan elemen "ke pada siapa" (to whom) dalam perancangan strategi komunikasi. 

Dengan cara ini, kita benar-benar perlu mempersiapkan tujuan kita. Kedua, jika Anda sudah tahu, penting  untuk mengetahui jenis properti media  yang sesuai dan media yang biasa mereka gunakan. 

Misalnya jika  kita menjual  produk untuk anak muda, kita akan menyajikan konten dengan foto dan video karena itu adalah konten yang disukai anak muda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun