Mohon tunggu...
Syerla Meinita
Syerla Meinita Mohon Tunggu... syerla meinita fitri

passion led us here

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

Local Brand Campaign

15 Juli 2019   19:40 Diperbarui: 15 Juli 2019   20:58 0 0 0 Mohon Tunggu...

Banjir Produk luar negeri di pasar domestik terus berlangsung. Situasi ini menuntut kepedulian konsumen, pemerintah, masyarakat indonesia dan pembisnis untuk saling membantu bahu -- membahu bekerjasama memprioritaskan pengguna produk Indonesia. Perlu dilakukan langkah untuk mengajak masyarakat Indonesia dan pihak -- pihak terkait agar lebih senang memakai atau membeli produk Indonesia.

Seperti yang kita ketahui masyarakat Indonesia ialah masyarakat yang konsumtif. Banyak dari sebagian masyarakat indonesia  yang berbondong -- bondong membelanjakan uang mereka hanya untuk memenuhi kebutuhan sekunder. Tetapi sangat amat di sayangkan banyak masyarakat indonesia membelanjakan uang mereka untuk perusahaan asing. 

Pada zaman sekarang masyarakat indonesia ini lebih percaya kepada produk buatan luar negeri. Dan ada Berbagai macam alasan yang dilontarkan masyarakat mengapa mereka membeli produk buatan luar negeri  yaitu mereka beralasan bahwa produk buatan dalam negri mempunyai kualitas cukup buruk, dan beberapa macam produk local tidak beragam, hingga produk asing yang lebih murah harga nya dibandingkan produk local.

Pada saat ini  Indonesia mengalami beberapa kendala mengenai produk dalam negeri yang lumayan kalah saing dengan produk luar negeri. Seharusnya negara kita (Indonesia) bisa menjadi pusat perdagangan di Indonesia sendiri tanpa harus kita membeli produk dari luar negeri. 

Negara kita (indonesia) kalah dalam bersaing di dalam dunia perdagangan di sebabkan oleh kurang nya kesadaran kita sebagai masyarakat tentang pemakaian produk lokal, di karenakan kebanyakan dari masyarakat indonesia lebih banyak mengkonsumsi atau menggunakan produk luar negeri di bandingkan produk dalam negeri. Serta banyaknya masyarakat Indonesia yang berpikiran jika gaya atau fashion kita terlihat mewah ataupun keren jika memakai produk dari luar negeri, tingkat gengsi yang tinggi ini pun merupakan faktor utama penyebab terjadinya hal yang sekarang lagi terjadi.

Padahal jika kita sebagai konsumen Indonesia lebih memilih untuk memakai atau mengkonsumsi produk dalam negeri, hal ini akan menaik kan produksi unit kecil menengah (UKM) sehingga unit kecil menengah akan lebih berkembng dan bisa saja menjadi perusahaan yang besar hal ini akan meningkatkan produksi, dalam hal untuk melakukan produksi, perusahaan pasti akan membutuhkan tenaga kerja, sehigga kita dapat mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia. 

Dengan hal tersebut taraf hidup masyarakat akan meningkat, dan dengan banyak nya masyarakat indonesia yang memiliki pekerjaan maka akan meningkatkan pajak sehingga devisa negara akan meningkat, dengan meningkat nya devisa negara pembangunana dan kesejahteraan akan semakin rata.

Ada beberapa dampak yang akan ditimbulkan jika kita sebagai masyarakat kurang berminat kepada produk dalam negeri yaitu:

  • Pembangunan terhambat
  • Pengangguran meningkat
  • PHK terjadi dimana -- mana
  • Lapangan kerja semakin sedikit
  • Kesejahteraan masyarakat indonesia memburuk.

Ada beberapa alasan juga yang membuat masyarakat kurang berminat dengan produk dalam negri dikarenakan ada beberapa produsen -- produsen yang lebih mementingkan ekspor di bandingkan dengan produk yang akan di pasarkan di dalam negri dan adapun berbagai alasan lain nya seperti di atas. Sebenar nya hal ini dapat kita perbaiki dengan kesadaran kita sebagai masyarakat indonesia untuk bangga menggunakan produk -- produk dalam negri dan juga pastinya dengan di bantu oleh pemerintah.

Lalu kita juga perlu untuk menggunakan cara agar kita bisa mengembalikan rasa kepercayaan masyarakat terhadap produk dalam negri agar produk kita bisa menjadi produk utama di dalam negara kita sendiri. Dengan cara kita membeli produk - produk hasil buatan negara kita sendiri, itu telah membantu untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat kita sendiri. Dan juga kita telah membantu untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat indonesia.

Pada saat ini banyak sekali brand lokal yang tidak kalah bagus nya dengan produk -- produk luar negri, sebagai salah satunya ialah brand lokal di dunia fashion, dunia fashion saat ini banyak digeluti oleh sebagian orang. Termasuk di dalam nya penerus bangsa kita, ada beberapa desainer dari indonesia nama nya cukup terkenal di dunia Internasional . mereka memberikan kontribusi yang cukup bagus bagi perkembangan fashion di dalam dan luar negeri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4