Mohon tunggu...
Syarif Lesmana
Syarif Lesmana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Bukan orang hebat, namun sedikit berkompeten

Percaya padaku meski di gelap malam kamu gak sendirian

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Mengapa Blog Saya adalah Hobi Bukan Bisnis

5 September 2021   09:30 Diperbarui: 5 September 2021   09:30 388
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: lingkaran.co

Saya telah blogging selama hampir satu tahun dan telah menulis lebih dari 100 posting blog, dan saya tidak punya rencana untuk berhenti dalam waktu dekat. 

Namun, saya juga tidak punya rencana besar untuk mengubah blog saya ini menjadi bisnis yang matang, atau bahkan pekerjaan sampingan. Saya telah mendekati 25.000 tampilan per bulan yang diperlukan untuk pengiklan yang lebih besar, tetapi saya tidak memiliki iklan di blog ini. 

Meskipun saya dapat menghasilkan sedikit uang pada saat ini jika saya memasukkan beberapa iklan, dan saya tidak iri dengan siapa pun yang melakukannya, itu bukan arah yang saya inginkan untuk blog saya saat ini. 

Memiliki beberapa iklan di blog yang Anda anggap sebagai pekerjaan sampingan masuk akal, dan saya tidak punya masalah untuk melewatinya di blog yang saya baca. Tentu saja, ini sedikit berbeda jika halaman ditutupi dengan iklan setiap paragraf lainnya, tetapi blogger harus dibayar untuk nilai yang mereka berikan jika mereka memilih untuk menempuh rute itu. 

Di sisi lain, saya memiliki beberapa alasan mengapa saya tidak mengambil rute itu untuk blog saya, alasan terbesar adalah saya ingin ini terus menjadi hobi saya dan bukan pekerjaan sampingan atau pekerjaan sampingan. 

Saya sebelumnya memiliki pekerjaan sampingan yang cukup luar biasa sebagai penjaga taman, dan penghasilan per jamnya cukup lumayan, tetapi saya berhenti dari pekerjaan itu satu setengah tahun yang lalu untuk mendapatkan kembali waktu itu untuk keluarga saya.

Jika semua yang saya cari adalah cara untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan, saya hanya akan terjebak dengan pekerjaan akhir pekan yang santai yang saya miliki – atau saya tidak akan memotong jam kerja saya di pekerjaan karir saya sebesar 20%. 

Memang, kedua pekerjaan mengharuskan saya untuk hadir secara fisik untuk bekerja pada jam-jam itu, tetapi waktu akan dihabiskan dengan cara apa pun, dan dengan upah per jam yang jauh lebih tinggi daripada perintah blogger biasa. 

Tapi bagaimana dengan kemandirian lokasi? Kemandirian lokasi adalah sesuatu yang sangat saya sukai – sampai taraf tertentu – dan blogging dapat membawa saya ke sana dengan lebih banyak waktu yang diinvestasikan dan lebih banyak bulan blogging dan fokus pada penciptaan pendapatan. 

Ketika saya berbicara sedikit tentang dua podcast yang saya ikuti, kami akan sangat senang suatu hari nanti dapat melakukan perjalanan selama sebulan atau lebih pada suatu waktu, dan kemandirian lokasi akan memungkinkan hal itu sepenuhnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun