Mohon tunggu...
Syarif Enha
Syarif Enha Mohon Tunggu... Manusia yang selalu terbangun ketika tidak tidur

Manusia hidup harus dengan kemanusiaannya

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Berburu Stroberi dan Mampir ke Ketep Pass

4 Juli 2020   01:18 Diperbarui: 4 Juli 2020   01:48 15 1 1 Mohon Tunggu...

Makan strowbery atau menikmati dalam bentuk jus barangkali adalah pengalaman biasa. Namun, berkunjung langsung ke kebun strowbery dan bisa memetik sendiri adalah sebuah situasi yang langka. Semua itu akan menjadi pengalaman yang cukup mengesankan.

Di dekat Ketep Pass, tepatnya daerah Banyuroto, ada beberapa lokasi kebun stroberi yang bisa dikunjungi. Di tengah perkebunan yang asri, dan tepat di bawah dua kaki gunung, Merapi dan Merbabu, menjadikan lokasi kunjungan ini semakin asik.

Suasana sejuk dan segar bisa langsung dirasakan begitu turun dari kendaraan. Jika beruntung, kita akan datang bersama dengan musim berbuah yang baik. Kita bisa mendapati kebun buah stroberi penuh dengan buah yang bergelantungan segar.

Selain kebun yang sudah ditata sedemikian rupa, sehingga pengunjung merasa nyaman berkeliling, pihak pengelola juga memberi fasilitas gazebo dan beberapa spot foto untuk mengabadikan momen spesial itu.

Berlatar belakang gunung Merapi, kita bisa berfoto bersama rombongan. Tidak kalah menarik juga bisa berfoto di lorong-lorong diantara tanaman stroberi yang segar.

Setiap orang yang masuk ke kebun dikenai biaya 10 ribu rupiah. Masing-masing dibekali satu keranjang kecil sebagai wadah hasil berburu. Ada satu aturan yang tidak boleh dilanggar. Tidak boleh makan buah langsung di kebun. Harus ditimbang dulu. Kalau tidak, bisa tekor pengelolanya. 

Tentu harga stroberi di lokasi berbeda dengan di pasaran. Ada nilai tambah yang dilekatkan. Sehingga sedikit lebih mahal dibandingkan toko modern sekalipun.

Lokasi kebun stroberi ini berdekatan dengan Ketep Pass. Anda bisa sekalian mampir dan menikmati fasilitas yang ada di sana. Ketep Pass merupakan gardu pandang gunung Merapi dari sisi barat utara Merapi.

Ada banyak yang menyewakan teropong untuk bisa mengeksplorasi sisi puncak Merapi lebih dekat. Namun jika anda tidak beruntung, kabut terlanjur turun dan suasana menjadi putih pekat. Terciptalah negeri di atas awan.

Di Ketep Pass, kita bisa melihat film dokumentasi gunung Merapi yang meletus dahsyat pada tahun 2010. Sebuah letusan terbesar dalam satu abad terakhir.

Di bagian dalam, ada Pusat Informasi gunung Merapi yang berisi miniatur Merapi dan berbagai sajian foto eksotisnya. Selain itu, kuliner di disini tersaji lengkap. Mulai dari jagung bakar, minuman hangat, hingga tempe mendoan yang khas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x