Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK - Edukator Dana Pensiun. Pendiri TBM Lentera Pustaka Bogor. Kandidat Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak. Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Wakil Ketua IKA FBS UNJ (2017-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis dan Editor dari 39 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN; Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis" sudah dicetak ulang. Sebagai Pendiri dan Kepala Program Taman Bacaan Lentera Pustaka di Kaki Gn. Salak Bogor serta penasehat Forum TBM Kab. Bogor. Education Specialist GEMA DIDAKTIKA dan Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Filosofi Buku, Ketika 5 Buku Seri Literasi Sudah di Tangan

19 November 2022   07:41 Diperbarui: 19 November 2022   07:59 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: TBM Lentera Pustaka

Memang hidup manusia itu bak sebuah buku. Karena buku, siapapun dapat menemukan dirinya. Hingga bisa bermimpi mau jadi apa dan hendak kemana? Buku yang menjadikan mata terbuka, hati merdeka, dan pikiran pun tanpa prasangka. Maka sebagian orang menyebut, buku sebagai teman setia. Sejelek apapun buku, pasti ada manfaatnya. Tapi buku sebagus apapun, dunia seindah apapun tidak ada gunanya bagi mereka yang tidak mau membacanya.

Mungkin kita sudah lupa. Bahwa tanpa buku, sejarah itu sunyi. Tanpa buku, sastra itu bodoh, sains pun lumpuh. Karenanya, buku dianggap jendela dunia, mesin perubahan, jendela di dunia, bahkan mercusuar yang tegak berdiri di lautan waktu. Buku, sebuah warisan berharga yang ditinggalkan turun temurun untuk kemanusiaan dan peradaban.

Dan kini, 5 buku seri literasi karya saya sudah di tangan. Buku-buku tentang literasi dan taman bacaan, yaitu 1) "Membangun Budaya Literasi dan Taman Bacaan Berbasis Edukasi dan Hiburan = TBM Edutainment", 2) Literasi untuk Semua, 3) Literasi Digital "Is It Bad or Good Habits?, 4) Literasi Budaya "Mikul Dhuwur Mendhem Jero", dan 5) Literasi Finansial "Biaya Hidup itu Murah, yang Mahal itu Biaya Pamer". 5 buku hadir dan diluncurkan dalam satu waktu di Festival Literasi Gunung Salak #5 TBM Lentera Pustaka pada Minggu, 20 November 2022. Buku-buku yang hadir untuk menegakkan giat membaca dan budaya literasi masyarakat Indonesia.

Sungguh, ruangan tanpa buku itu ibarat tubuh tanpa jiwa. Hidup tanpa buku pun seperti ruang gelap tak berlampu. Buku, hingga kini masih jadi kekasih setia yang tidak cemburu sekalipun dimadu. Merindu buku. Salam literai #BukuSeriLiterasi #PegiatLiterasiMenulis #TBMLenteraPustaka #TamanBacaan #BacaBukanMaen

Sumber: TBM Lentera Pustaka
Sumber: TBM Lentera Pustaka

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun