Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK - Edukator Dana Pensiun - Pendiri TBM Lentera Pustaka Bogor - Kandidat Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak - Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Pengurus IKA UNJ (2017-sekarang). Penulis dan Editor dari 47 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN, Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen Surti Bukan Perempuan Metropolis. Penasihat Forum TBM Kab. Bogor, Education Specialist GEMA DIDAKTIKA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Inilah 15 Kriteria Evaluasi Taman Bacaan, Bermanfaat atau Tidak?

7 Desember 2021   18:50 Diperbarui: 7 Desember 2021   18:57 444
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: TBM Lentera Pustaka

Tidak ada kegiatan atau program yang tidak bisa dievaluasi. Tidak terkecuali aktivitas literasi yang dijalankan suatu taman bacaan masyarakat (TBM), di mana pun. Karena evaluasi berarti proses untuk menilai, mengukur, dan mengoreksi suatu kegiatan yang diselenggarakan dalam periode tertentu. Acuannya adalaj embandingkan proses rencana dengan hasil yang dicapai.

Sekalipun bersifat sosial, taman bacaan masyarakat pun harus dievaluasi. Agar dapat mengumpulkan data dan memperoleh gambaran objektif tentang aktivitas taman bacaan. Sudah sesuai dengan tujuan adanya taman bacaan,sekaligus untuk dasar untuk strategi dan pengambilan keputusan ke depan. Karena itu, taman bacaan sebagai bagian Pendidikan nonformal pun harus memiliki indikator evaluasi. Agar perkembangannya dapat diketahui public atau pengguna layanan taman bacaan. Evaluasi taman bacan, tentu harus terukur, sistematis, dan berorientasi pada tujuan.

Maka untuk menentukan evaluasi keberadaan taman bacaan, TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor pun melakukan evaluasi terhadap aktivitas dan program literasi yang dijalankan. Khususnya selama setahun, yaitu tahun 2021 ini. Indikator secara umum, evaluasi taman bacaan terdiri dari: 1) berapa pertambahan jumlah anak pembaca aktif?, 2) berapa pertambahan jumlah koleksi buku?, 3) seberapa konsisten program yang ditetapkan dapat dijalankan?, dan 4) seberapa aktivitas taman bacaan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat?

Namun lebih dari itu, TBM Lentera Pustaka memiliki kriteria tersendiri untuk evaluasi kegiatan dan program literasi yang dijalankan. Setidaknya ada 15 (lima belas) indikator penting sebagai acuan evaluasi seperti yang dilakukan TBM Lentera Pustaka pada tahun 2021 ini antara lain:

No.

INDIKATOR

Des 2020

Des 2021

Tumbuh

1.

Jumlah Anak Pembaca Aktif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun