Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK - Konsultan di DSS Consulting sekaligus Edukator Dana Pensiun. Pendiri TBM Lentera Pustaka Bogor. Kandidat Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak. Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Wakil Ketua IKA FBS UNJ (2017-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis dan Editor dari 34 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN; Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis" sudah dicetak ulang. Sebagai Pendiri dan Kepala Program Taman Bacaan Lentera Pustaka di Kaki Gn. Salak Bogor serta penasehat Forum TBM Kab. Bogor. Education Specialist GEMA DIDAKTIKA dan Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Satu-satunya Taman Bacaan di Bogor Terpilih Kampung Literasi Kemdikbud RI, Siapakah?

22 September 2021   08:16 Diperbarui: 22 September 2021   08:24 70 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Satu-satunya Taman Bacaan di Bogor Terpilih Kampung Literasi Kemdikbud RI, Siapakah?
Sumber: TBM Lentera Pustaka

Siapa yang menduga, taman bacaan masyarakat (TBM) dapat berkiprah nyata untuk masyarakat. Seperti TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak karena terpilih sebagai satu-satunya TBM dari Bogor yang terpilih sebagai penyelenggara program Kampung Literasi tahun 2021 dari Kemendibudristek RI dan Forum TBM. Hal ini sekaligus menjadi apresiasi terhadap aktivitas TBM Lentera Pustaka dalam mewujudkan giat membaca berbasis kawasan dan inklusi sosial di Desa Sukaluyu Kec. Tamansari Kabupaten Bogor.

Terpilihnya TBM Lentera Pustaka dari Bogor ini bisa jadi momen untuk menegakkan gerakan literasi bagi masyarakat Bogor. Setelah melalui seleksi administrasi dan pembekalan, TBM Lentera Pustaka merupakan 1 dari 30 TBM di Indonesia yang terpilih dalam program "Kampung Literasi" tahun 2021. Untuk memelopori kegiatan peningkatakan kegemaran membaca dan keaksaraan secara lebih masif.

Berbekal nama "Kampung Literasi Sukaluyu", TBM Lentera Pustaka nantinya akan menjalankan kegiatan literasi seperti: 1) Pembuatan 3 Pojok Baca, 2) Lomba Literasi, 3) Launching & Bedah Buku, 4) Pentas Seni Festival Literasi Gunung Salak #4, 5) Pelatihan Angklung, 6) Parade Puisi, 7) Webinar literasi, 8) Reading Group & Read Aloud, 9) Temu Sosok Literasi, 10) Literasi finansial, dan 11) Literasi digital internet sehat dengan focus 4 kecapakan literasi berupa: baca tulis, digital, finansial, dan budaya kewargaan. Tidak kurang dari 300 warga yang berasal dari 3 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajay) akan terlibat di event Kampung Literasi Sukaluyu. Menurut rencana, peluncuran Kampung Literasi Sukaluyu akan digelar pada Minggu, 14 November 2021 di Kebun Baca TBM Lentera Pustaka Bogor oleh Ade Yasin, Bupati Bogor dan pejabat dari Direktorat PMPK Kemdikbud RI.

Dalam Rapat Koordinasi Kampung Literasi tahun 2021 via zoom meeting (13/09/2021) yang dihadiri Dr. Cecep Suryana (Koordinator Fungsi Pendidikan Keaksaraan dan Budaya Baca Kemendikbudristek RI), Dr. Untung (Dit. PMPK Kemdibud RI), dan Nero Taopik Abdillah (Ketua Umum Forum TBM) ditekankan pentingnya program kampung literasi untuk membangun tradisi baca dan budaya literasi masyarakat Indonesia. Agar masyarakat literasiu dapat segera diwujudkan. Karena itu, peran TBM di manapun menjadi penting sebagai mitra pemerintah dalam gerakan literasi.

 

"TBM Lentera Pustaka bertekad untuk menjadikan Kampung Literasi Sukaluyu sebagai momen mengkampanyekan pentingnya kegemaran membaca. Alhamdulillah, TBM Lentera Pustaka terpilih sebagai satu-satunya taman bacaan dari Bogor, baik kota maupun kabupaten. Kami sangat bersyukur dan berkomitmen untuk mengembangkan taman bacaan dan pemberantasan buta aksara di daerah kami " ujar Syarifudin Yunus, Kepala Program TBM Lentera Pustaka di Bogor. 

 

Kampung Literasi Sukaluyu pun jadi momen TBM Lentera Pustaka untuk mengoptimalkan seluruh layanan yang ada selama ini, seperti: taman bacaan, TBM ramah difabel, pemberantasan buta aksara, kelas calistung prasekolah, anak yatim binaan, jompo binaan, donasi buku, literasi digital, literasi finasial, literasi budaya angklung, dan Koperasi Lentera yang melibatkan anak-anak, orang tua, kaum buta aksara, mahasiswa, dan warga.

Terpilihnya TBM Lentera Pustaka sebagai penyelenggara kampung Literasi pun menjadi pelengkap prestasi yang diraih TBM Lentera Pustaka pada tahun 2021 ini, yaitu Pendiri TBM Lentera Pustaka sebagai "31 Guardian Wonderful People" untuk kategori Pegiat Literasi dan Pendiri Taman Bacaan dari Guardian Indonesia dan pembukaan cabang ke-1 TBM Lentera Pustaka di balumbang Jaya Bogor yang dikoordinir oleh BEM KM IPB. 

Melalui program Kampung Literasi Sukaluyu, harapannya layanan membaca dan kecakapan literasi masyarakat terus meningkat secara lebih inklusif. Sehingga TBM Lentera Pustaka pun mampu menjadi inkubator untuk meningkatkan pengetahuan dan pemberdayaan masyarakat yang berkualitas. Sebuah pengembangan kawasan berbasi literasi masyarakat. Salam literasi #TBMLenteraPustaka #TamanBacaan #PegiatLiterasi #KampungLiterasiSukaluyu #DirektoratPMPK #ForumTBM

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan