Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis - Dosen

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK - Konsultan di DSS Consulting sekaligus Edukator Dana Pensiun. Kandidat Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak. Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Wakil Ketua IKA FBS UNJ (2017-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis dan Editor dari 31 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN; Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis" sudah dicetak ulang. Sebagai Pendiri dan Kepala Program Taman Bcaaan Lentera Pustaka di Kaki Gn. Salak Bogor. Education Specialist GEMA DIDAKTIKA dan Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Webinar Pendidikan Unpak dan IPB, Tekankan Pentingnya Komunikasi Interpersonal

27 Maret 2021   15:08 Diperbarui: 27 Maret 2021   15:13 196 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Webinar Pendidikan Unpak dan IPB, Tekankan Pentingnya Komunikasi Interpersonal
Sumber: Unpak - IPB

Era digital menuntut keterampilan interpersonal setiap orang lebih baik. Karena itu, sikap terbuka dan positif sangat diperlukan. Agar relasi yang dibangun pada suatu organisasi menjadi lebih kondusif dan produktif. Itulah simpulan dalam webinar pendidikan bertajuk "Pengembangan Komunikasi Interpersonal, Etos Kerja Dan Komitmen Profesional Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Untuk Mendukung Implementasi Kampus Merdeka" yang digelar Program Studi Doktor Manajemen Pendidikan Universitas Pakuan dan IPB hari ini (27/03/2021) via zoom meeting.

Dibuka oleh Prof. Dr. Agus Purwito (Wakil Rektor IPB bidang SDM) dan Prof. Dr. Ing. Soewarto Hardhiena (Ketua Sekolah Pascasarjana Unpak), webinar ini digelar sebagai syarat mahasiswa calon doctor manajemen pendidikan atas nama Suratni sebelum ujian terbuka. Sekaligus untuk mensosialisasikan hasil penelitian terkait komunikasi interpersonal, etos kerja dan komitmen profesional dalam mendukung implementasi kampus merdeka.

Bertindak sebagai pembicara dalam webinar ini yaitu 1) Prof. Dr. Didik Notosudjono, Wakil Rektor 3 Bidang Riset Inovasi dan Kemitraan Universitas Pakuan dan 2) Dr. Heti Mulyati,  Direktur SDM IPB yang menekankan pentingnya komunikasi interpersonal dan kualitas layanan profesional untuk mencapai tujuan organisasi. Acara ini diikuti oleh 170 peserta dari berbagai profesi.

Prof. Dr. Didik Notosudjono menegaskan pentingnya komunikasi interpersonal untuk memengertikan dan mempengaruhi di antara pelaku komunikasi. Untuk itu, beliau mengingatkan pentingnya aspek-aspek komunikasi interpersonal yang harus memenuhi syarat 1) terbuka, 2) penuh empati, 3) bersikap positif, 4) saling mendukung, dan 5) adanya kesetaraan.

"Maka komunikasi interpersonal akan lebih efektif bila suasananya setara dan didukung sikap positif. Termasuk sikap empati, agar komunikasi kedua pihak sama-sama bernilai dan berharga" ujar Prof. Didik.

Sementara itu, Dr. Heti Mulyati, implikasi komunikasi interpersonal akan mempengaruhi peningkatan kualitas layanan professional. Maka kualitas layanan harus dilakukan secara professional dan memberikan pengalaman berharga kepada konsumen. Untuk itu, inovasi dan kemampuan komunikasi menjadi penentunya.

 Maka dalam konteks implementasi kampus merdeka, komunikasi interpersonal memiliki peran besar. Agar tercipta perubahan kea rah yang lebih baik sebagai respon terhadap dinamika zaman, seperti adanya media sosial, era digital maupun pengetahuan baru.

VIDEO PILIHAN