Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan & Penulis

Konsultan di DSS Consulting, Pengajar Pendidikan Bahasa Indonesia & Edukator Dana Pensiun. Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Unpak. Pendiri TBM Lentera Pustaka. Ketua Ikatan Alumni Bahasa dan Sastra Indonesia (IKA BINDO) FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Sekjen IKA FBS UNJ (2013-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis & Editor dari 25 buku. Buku yang telah cetak ulang adalah JURNALISTIK TERAPAN & "Kompetensi Menulis Kreatif", Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis". Pendiri & Kepala Program TBM Lentera Pustaka di Gn. Salak Bogor. Owner & Education Specialist GEMA DIDAKTIKA, Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA, Pengurus Asosiasi DPLK Indonesia (2003-Now). Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Taman Bacaan Lentera Pustaka Gelar Bukber bersama Yatim dan Warga

19 Mei 2019   00:48 Diperbarui: 19 Mei 2019   00:58 0 1 0 Mohon Tunggu...
Taman Bacaan Lentera Pustaka Gelar Bukber bersama Yatim dan Warga
dokpri

Sebagai rangkaian program "Ngabuburit Baca" selama Ramadhan 1440 H, Taman Bacaan Masyaralat (TBM) Lentera Pustaka menggelar acara Buka Puasa Bersama dengan anak-anak yatim dan warga yang dihadiri sekitar 90 orang di Kp. Warung Loa Desa Sukaluyu pada Sabtu, 18 Mei 2019 di markas TBM Lentera Pustaka.

Ajang ini juga menampilkan Agil (pembaca aktif putra) dan Riska (pembaca aktif putri) sebagai dai cilik yang dicetak TBM Lentera Pustaka untuk menyampaikan hikmah Ramadhan. Dalam balutan sajian khas "nasi liwet lentera pustaka", acara buka puasa bersama TBM Lentera Pustaka tahun ini semakin bermakna karena sekaligus dilakukan penyerahan donasi dari DSS Consulting kepada 10 anak-anak yatim binaannya. Acara ini juga dihadiri oleh tim Bale Baca Cijayanti Sentul yang sedang melakukan "studi banding" untuk belajar tata kelola taman bacaan dari TBM Lentera Pustaka. Ikut hadir pula Dayat, mahasiswa NHI Bandung yang sedang riset Wisata Literasi Lentera Pustaka.

Acara Bukber TBM Lentera Pustaka merupakan ajang tahunan sebagai realisasi kebersamaan dan kepedulian TBM Lentera Pustaka terhadap lingkungan sekitar. Karena di bulan Ramadhan ini, TBM Lentera Pustaka bersyukur dapat bersinergi bersama warga sekitar demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi anak-anak usia sekolah.

"TBM Lentera Pustaka berkomitmen kuat untuk menebar kebaikan sekecil apapun. Agar bisa menjadi berkah bagi semua pihak. Apa yang dijalani taman bacaan selama ini patut disyukuri" ujar Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Program TBM Lentera Pustaka.

Sebagai satu-satunya taman bacaan resmi di Kec. Tamansari Kab. Bogor bertekad untuk terus membangun tradisi baca di kalangan anak-anak usia sekolah. Saat ini, TBM Lentera Pustaka dikenal sebagai taman bacaan yang unik dan kreatif, dengan berbagai aktivitas menyenangkan. Untuk itu, TBM Lentera Pustaka mengajak berbagai pihak, baik koprorasi maupun individu, untuk ikut berkontribusi dalam gerakan "donasi buku" ke taman bacaan. Demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi di kalangan anak-anak.

"Saya atas nama TBM Lentera Pustaka pun ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu aktivitas membaca di taman bacaan ini, termasuk kepada sponsor koroprasi seperti Chubb Life, AJ Tugu Mandiri, dan Asosiasi DPLK. Semoga kepedulian kita menjadi amal yang diberkahi Allah SWT" tambah Syarifudin Yunus.

Patut diketahui, saat ini, TBM Lentera Pustaka memiliki 60 anak pembaca aktif yang sudah terbiasa membaca 5-10 buku per minggu, dengan koleksi yang tersedia 3.000 buku bacaan. 

Melalui senam literasi, salam literasi, doa literasi, dan kegiatan membaca bersuara menjadikan anak-anak selalu bersemangat dalam membaca.

Melalui bukber bersama anak-anak yatim dan warga, TBM Lentera Pustaka ingin menyampaikan pesan. Bahwa sudah terlalu banyak kita berharap disenangkan orang lain. Hingga lupa untuk berbuat menyenangkan orang lain, sambil membuat senyum di wajah mereka. Ya Allah mudahkanlah urusan kami, amiin... #TBMLenteraPustaka #BudayaLiterasi #BacaBukanMaen #NgabuburitBaca

dokpri
dokpri