Mohon tunggu...
Syamsul Bahri
Syamsul Bahri Mohon Tunggu... coretan seadanya berawal dari minum kopi.

Menulis untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mengenal Negara-negara Tidak Familiar yang Juga Terjangkit Covid-19

1 April 2020   08:59 Diperbarui: 1 April 2020   13:29 57 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Negara-negara Tidak Familiar yang Juga Terjangkit Covid-19
Peta dunia (WinnetNew.com)

Ketika membuka website worldometers dan melihat secara seksama negara-negara yang terjangkit Covid-19, penulis menemukan beberapa nama negara yang tidak familiar. Namun belum tentu bagi kompasianer lainnya dan para pembaca Kompasiana.

Negara-negara tersebut meliputi Martinique, Isle of Man, Aruba, Bermuda, Eritrea, dan Benin.

Sekedar menambah wawasan diri pribadi, maka penulis mencoba menelusuri satu per satu negara di atas dan membuat profil singkatnya yang dirangkum sesuai urutan abjad, sebagai berikut :

1. Aruba


Aruba, yang tidak memiliki pembagian administratif, merupakan satu dari empat negara konstituen yang membentuk Kerajaan Belanda, bersama dengan Belanda, Curaçao, dan Sint Maarten. Warga Aruba memegang paspor Belanda. 

Tidak seperti wilayah Kepulauan Karibia lainnya, Aruba memiliki iklim yang kering dengan lanskap tumbuhan kaktus. Iklim ini menjadi daya tarik pariwisata di mana turis dapat menemukan cuaca yang hangat dengan matahari yang bersinar terik. 

Aruba memiliki wilayah seluas 193 kilometer persegi (75 sq mi) dan dipadati oleh 103.000 penduduk.

2.  Benin

Republik Benin, dahulu bernama Dahomey, sebuah negara di Afrika barat. Negara ini berbatasan dengan Togo di sebelah barat, Nigeria sebelah timur, dan Burkina Fasoserta Niger di sebelah utara.

Benin yang berpenduduk 7.513.946 jiwa tersusun atas 40 etnis yang berbeda, yang paling banyak ialah etnis Fon yang berjumlah 49% dari penduduk Benin. Etnis lainnya antara lain Adja, Yoruba, Somba, dan Bariba.

Kebanyakan etnis itu memiliki bahasa sendiri, meskipun bahasa Prancis, yang merupakan bahasa resmi, dituturkan di banyak kota. Bahasa asli lainnya ialah bahasa Fon dan Yoruba yang cukup banyak penuturnya.

Orang-orang Benin kebanyakan memeluk Voodoo, agama anisme lokal, yang pusatnya ada di kota Ouidah. Selain itu terdapat juga Kristen (Katolik) dan Islam.

3. Bermuda


Bermuda adalah sebuah wilayah seberang laut Britania Raya di Samudra Atlantik bagian utara. Letaknya sekitar 933 km dari pesisir Carolina Utara, Amerika Serikat. Wilayah yang terdiri dari 138 pulau ini dibagi menjadi 10 lingkungan (parish) dan 2 munisipalitas.

Negara dengan ibu kota Hamilton ini menganut sistem pemerintahan defendensi parlementer. Negara ini memiliki luas Total 53,2 km persegi dengan jumlah penduduk 64.237.

4. Eritrea

Eritrea adalah sebuah negara yang terletak di bagian timur laut Afrika. Eritrea berbatasan dengan Sudan di sebelah barat, Ethiopia di selatan, dan Djibouti di tenggara. Laut Merah di sebelah timur Eritrea memisahkan negara itu dengan kawasan Timur Tengah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x