Mohon tunggu...
Syaifuddin Sayuti
Syaifuddin Sayuti Mohon Tunggu... Dosen - blogger, Kelas Blogger, traveller, dosen.

email : udin.sayuti@gmail.com twitter : @syaifuddin1969 IG: @syaifuddin1969 dan @liburandihotel FB: https://www.facebook.com/?q=#/udinsayuti69 Personal blog : http://syaifuddin.com/

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Dosen UPI YAI Bantu Kembangkan Wisata Pasca Pandemi dengan Membuat Peta Digital

8 November 2022   21:32 Diperbarui: 8 November 2022   21:44 226
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dosen UPI YAI bersama pengelola tempat wisara trekking di Sentul, Bogor (dokumentasi tim kedaireka UPI YAI)

Pandemi Covid-19 membawa banyak perubahan terhadap hampir semua sektor kehidupan dan aktivitas manusia, termasuk dalam hal berwisata.  Jika sebelum pandemi berwisata identik dengan kolaborasi turis dengan pemandu wisata, maka kebiasaan itu sedikit berubah di masa pandemi.

Karena kondisi pandemi belum pulih seratus persen, interaksi antar manusia (terpaksa) menggunakan bantuan media. Persentuhan fisik menjadi hal minimal, sementara interaksi dengan mesin berteknologi tinggi semakin tinggi.  

Adalah tim pelaksana Matching Fund 2022 Kedaireka Universitas Persada Indonesia YAI mencoba menjembatani kebutuhan mendesak adanya sebuah peta digital di kawasan wisata. 

Peta digital ini merupakan alat bantu yang sangat dibutuhkan oleh para operator wisata. Kali ini UPI YAI menggandeng pengelola kawasan wisata trekking di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat.    

Alasan pemilihan kawasan wisata trekking di kawasan Sentul, lebih didasari pada fakta di lapangan  karena di masa pandemi objek wisata trekking di kawasan ini justru mengalami peningkatan kunjungan wisatawan yang cukup signifikan.

Faktor kebosanan hanya berada di dalam rumah dan tidak banyak aktivitas di luar rumah menyebabkan banyak warga yang kemudian mencari alternatif aktivitas yang berguna mengusir kebosanan dan membuat tubuh bugar.  Aktivitas trekking dipilih sebagai salah satu cara bagi warga untuk tetap menjaga kebugaran selama pandemi.    

Kawasan Sentul Bogor menawarkan banyak obyek wisata alam yang menarik, diantaranya berupa air terjun/curug, hutan lindung, hutan rakyat, kawasan karst (goa), perkampungan, persawahan, perkebunan, sumber air panas dan obyek wsiata lainnya.  Ribuan wisatawan sudah menjejakkan kaki di alam Sentul lewat jasa operator-operator wisata alam yang tergabung di dalam sebuah paguyuban operator dan pemandu wisata yang tergabung dalam Local Guide Sentul Community. 

Suasana Focus Group Discussion di alam terbuka di Sentul, Bogor (dokumentasi tim kedaireka UPI YAI) 
Suasana Focus Group Discussion di alam terbuka di Sentul, Bogor (dokumentasi tim kedaireka UPI YAI) 

Dalam pembuatan peta digital ini tim Matching Fund Kedaireka Universitas Persada Indonesia YAI bermitra dengan salah satu operator jasa wisata outdoor PT. Cakar Langit Indonesia. 

Tim Matching Fund Kedaireka  UPI YAI ini beranggotakan enam orang dosen yang merupakan kolaborasi berbagai bidang studi, seperti Prodi Sistem Informasi, Ilmu Komunikasi, Manajemen dan Psikologi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun