Mohon tunggu...
Syahiduz Zaman
Syahiduz Zaman Mohon Tunggu... Dosen - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Penyuka permainan bahasa, logika dan berpikir lateral, seorang dosen dan peneliti, pemerhati masalah-masalah pendidikan, juga pengamat politik.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Satu Tahun Perjalanan di Kompasiana: Refleksi dan Statistik

3 Januari 2024   08:33 Diperbarui: 3 Januari 2024   08:38 235
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Keterbacaan dan konten yang paling nge-hits 

Pendahuluan

Kompasiana, platform blogging terbesar di Indonesia, telah menjadi rumah bagi jutaan penulis dan pembaca sejak 2008. Pada akhir tahun 2023, platform ini mencatat 4.718.154 pengguna, dengan total 2.884.564 artikel yang dipublikasikan. Sebagai salah satu anggota aktif di platform ini, saya ingin berbagi pencapaian saya selama satu tahun bergabung di Kompasiana.

Statistik Kilas Balik Kompasiana 2023
Statistik Kilas Balik Kompasiana 2023

Awal Perjalanan

Sejak awal berdirinya Kompasiana, saya sudah sering membaca artikel di sana. Namun, saya baru membuat akun pada 2 September 2016, yang awalnya tidak aktif dan hanya digunakan untuk memberi rating dan komentar. Saya kemudian membuat akun baru pada 24 Agustus 2023, dan saya mulai aktif sebagai penulis. Sebelumnya, saya menulis di berbagai platform lain seperti blog pribadi, Facebook, Twitter, dan media online lainnya.


Membawa Perubahan

Menghadapi tantangan merawat blog pribadi yang rumit, saya kemudian memutuskan untuk pindah ke Kompasiana. Sejak itu, saya juga mendorong 120 mahasiswa saya untuk bergabung dan menulis tugas kuliah di platform ini. Hasilnya, 10% dari mereka telah menjadi penulis aktif dengan beberapa artikel mereka terpilih sebagai Artikel Pilihan (AP) dan Artikel Utama (AU). Dari 120 mahasiswa tersebut, setiap mahasiswa wajib membuat minimal satu artikel setiap selesai satu kali tatap muka, jadi ada 14 artikel setiap mahasiswa. Total artikel yang disumbangkan ke kompasiana sejumlah lebih dari 1.680 artikel, dalam kenyataannya ada lebih dari 40% mahasiswa menulis lebih dari 14 artikel.

Statistik Pribadi

Hingga November 2023, saya telah menulis 171 artikel, dengan 28 AU (16%) dan 132 AP (77%), serta peringkat di atas 100. Secara keseluruhan (Agustus-Desember 2023), saya telah menulis 203 artikel, dengan 38 AU (18%) dan 163 AP (80%). Statistik kategori artikel saya antara lain: Fiksiana, 45 (22,3%); Humaniora, 48 (23,8%); Cerita Pemilih, 14 (6,9%); Inovasi, 7 (3,5%); Lyfe, 39 (19,3%); Money, 5 (2,5%); New World, 5 (2,5%); Olahraga, 0 (0%); Ruang Kelas, 12 (5,9%); Travel Story, 3 (1,5%); Video, 0 (0%); Vox Pop, 24 (11,9%); Lestari, 0 (0%).

Grafik distribusi persentase artikel per kategori
Grafik distribusi persentase artikel per kategori

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun