Mohon tunggu...
Syafiqah andryana
Syafiqah andryana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Bismillahirrahmanirrahim

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Ayo Kita Kenali Anatomi Otak

7 Maret 2021   21:47 Diperbarui: 7 Maret 2021   22:04 63 4 0 Mohon Tunggu...

Ayoo simak saya akan membahas tentang Anatomi Otak ada apa saja yaa didalam Anatomi Otak

         Otak adalah salah satu bagian otak yang fungsinya sangat penting bagi manusia. Otak mempunyai beberapa bagian dengan fungsinya masing-masing. Bagian otak juga memiliki tugas tertentu yang mempengaruhui sistem kerja berbagai organ tubuh. Otak juga dilindungi oleh lapisan pembungkus yang dinamakan selaput otak ( meninges) dan tulang tengkorak, dan terhubung ke saraf tulang belakang, otak juga dapat berperan sebagai pusat kendali tubuh dan dapat menyusun sistem saraf pusat (SSP). Inilah sistem saraf untuk berkerja sama dengan sistem saraf tepi dan untuk memberikan kemapuan manusia dalam manusia untuk melakukan aktivitas. Contohnya berjalan, berbicara, bernafas, makan dan minum.
Berikut adalah bagian otak dan fungsinya simak yukk
1.Batang otak
     Batang otak yang teletak di bawah otak besar dan di depan otak kecil yang terdapat didalam kepala. Dalam mengendalikan fungsi anggota tubuh, dan semua saraf menghubungan belahan otak bersinergi dengan otak kecil dan saraf tulang belakang, melewati batang otak.
      Area di dalam batang otak juga mengontrol beberapa hal penting, contohnya kesadaran, detak jantung, Gerakan refleks, pergerakan urus. Batang otak juga mempunyai sekelompok saraf yang berfungsi untuk mengendalikan berbagai bagian kepala dan leher.
2.Serebelum
      Otak kecil yang disebut juga dengan serebelum. Otak yang terletak dibagian belakang kepala, paling teapatnya di bawah lobus oksipital otak besar dan di dekat batang otak. Organ ini terdapat gangguan  yang tidaka hanya dapat mempengaruhi kemampuan bergerak,tetapi juga bisa kemampuan berbicara.
       Otak kecil berfungsi untuk menerima informasi dari tubuh mengenai posisi dan keberadaan tiap anggota gerak. Melalui informasi otak kecil dapat mengelola dan menyempurnakan perintah gerakan dadri otak besar.
3.Talamus
       Talamus adalah salah satu bagian otak yang terletak di atas batang otak, dab berfungsi untuk memproses dan memindahkan informasi mengenai pergerakan sensori di otak. Dan juga bisa dibilang talamus merupakan terminal transit sebelum informasi yang berpindah ke korteks serebri. Fungsi talamus yang paling utama kelenjar talamus merupakan sebagai tempat penyampaikan informasi yang berkaitan dengan kesadaran, siklus tidur dan juga kewaspadaan.
4.Hipotalamus
        Hipotalamus merupakan struktur kecil yang berada di otak tengah, yang paling tepatnya dibawah talamus. Bagian otak ini mempnyai peran  di dalam mengontrol fungsi tubuh, seperti makan, perilaku seksual dan tidur.

5.Amigdala
         Amigdala yang teletak jauh di dalam lobus temporal kiri dan kanan otak yang bisa membantu mengkoordinasikan tangapan terhadap hal-hal di lingkungan yang bisa memicu respon emosional dan juga mempunyai struktur memainkan peran yang sangat pentingdi dalam kekuatan dan kemarahan Amigdala merupakan bagain otak yang mempunyai peran dalam melakukan pengolahan dan ingatan yang terhadap reaksi emosi. Amigdala pada manusia juga berperan dalam aktivitas generative dan libido ( gairah seks ).
6.Hipokampus
            Hipokampus merupakan salah satu bagian otak yang perannya penting di dalam pembentukan, pengaturan, dan untuk menyimpan memori ingatannya jangka panjang. Hipokampus juga terlibat di dalam pengaitan sensasi atau emosi dengan sebuah memori.
            Fungsi dari hipokampus yang berkaitan dengan memori atau ingatan, di bagian ini masuk ke dalam sistem limbik yang di dalam otak.
7.Serebrum
            Serebrum dibagi menjadi 2 yaitu otak kanan dan otak kiri yang disebut hemisfer. Hemisfer kiri dan kanan juga sering yang disebut sebagai otak kiri dan kanan. Keduanya dipisahkan oleh struktur yang disebut fisura interhemisfer.
Hemisfer dibagi lagi menjadi bagian-bagian otak yang disebut dengan lobus. Lobus otak juga mempunyai peran tersendiri.
*Lobus frontalis
    Lobus ini paling terbesar dibandingkan dengan lobus lainnya. Fungsinya adalah untuk mengkoordinasikan perilaku yang memerlukan kemampuan yang tingkat tinggi.
*Lobus pariental
    Lobus pariental yang terletak dibelakang lobus frontal. Salah satu bagian ini juga berperan sebagai mengatur sensasi tubuh, posisi tubuh.

VIDEO PILIHAN