Mohon tunggu...
Suyatno
Suyatno Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Kenalin nama saya Suyatno, biasa dipanggil Nono, Yatno, Suyatno, dan kadang dipangil Suu. Saya adalah anak manusia biasa yang kadang kadang ngopi tapi tak suka rokok. Kadang kadang suka nulis, dan kadang kadang suka baca. Tapi menulis dan membaca bukan termasuk hobi saya, sebab hobi saya hanya kadang kadang :)

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Susah, Tabah, dan Bahagia

18 Mei 2022   09:30 Diperbarui: 21 Mei 2022   14:10 175
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada malam yang begitu indah dengan bulan purnama yang sedikit redup tertutup awan. Aku berkunjung ke salah satu tokoh agama karismatik yang paling disegani dan dihormati di desaku. Beliau bernama Ustad Ali Masyudin. 

Tetapi aku dan sahabatku lebih sering memanggilnya Pak Ali. Pak ali juga pernah bilang bahwa ia lebih suka dipanggil Bapak ketimbang dipanggil Ustad. Begitu mulianya akhlak beliau dengan segala keilmuan yang begitu luasnya. 

Aku sengaja berkunjung kerumah Pak ali karena memang sebagai santri, semenjak pulang dari Kabupaten Tulungagung hingga datangnya hari raya Idul Fitri aku belum sempat sowan kepada beliau. Memang bagiku sudah menjadi tradisi dan keharusan ketika berangkat kuliah, pulang kuliah, kemanapun itu dan apapun itu harus sering sowan kepada Pak ali . 

Jika memang tidak ada urusan yang diperlukan sekalipun, aku tetap rutin sowan kepada beliau. Memang semenjak lulus dari bangku SMA, aku dan sahabatku berhenti mengaji dan jarang bertemu dengan beliau. Pada malam itu, aku diberikan sebuah Wejangan yang begitu menarik dan serat akan nilai nilai kehidupan.

Dizaman sekarang banyak sekali manusia yang gengsian dan memandang sepele hal hal kecil dan sederhana. Padahal keberhasilan seseorang banyak terlahir dari hal-hal tersebut. Pak ali mengisahkan seorang teman lamanya yang kini sudah hidup mapan dan serba berkecukupan.

 Saya punya seorang teman, ia adalah pedagang sate keliling yang keadaan kelurga dan hidupnya sangat sederhana. Setiap hari ia memikul dagannya dan berkeliling menjajakan sate buatanya diwilayah tempat ia tinggal. Setiap kali sate jualanya habis, ia hanya mendapatkan laba bersih sebesar Rp. 50.000 setiap harinya. 

Kalau melihat orang orang zaman sekarang, uang lima puluh ribu itu pasti sudah dibelanjakan semua untuk beli ini, beli itu. Hal hal sekiranya belum bermanfaat untuk dibeli. 

Sehingga uang hasil jerih payah hari ini, habis hari ini juga. Namun penjual sate ini ia tidak berpikir demikian. Ketika ia mendapatkan uang lima puluh ribu yang dibelanjakan hanya dua puluh ribu dari lima puluh ribu. 

Kemudian sisanya ditabung sebagai celengan apabila nanti ada keperluan mendadak atau tiba tiba ia sakit sudah tidak lagi meminjam uang kepada orang lain untuk berobat karena ia sudah mempunyai tabungan. 

Hari demi hari, minggu demi minggu, bulan demi bulan, ia tekun dan ulet dengan pekerjaanya. 

Hingga setelah 6 tahun berlalu iapun bisa membeli tanah dan membangun rumah yang lebih layak dan indah untuk keluarganya. Dan kini ia sudah mempunyai enam cabang yang tersebar di sekitar wilayah tempatnya tinggal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun