Mohon tunggu...
sutrisna sunjaya
sutrisna sunjaya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Melihat dan menilai

Hobi saya adalah menonton

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Pengabdian Mahasiswa Unsika kepada Lembaga Paud di Desa Duren

16 September 2022   07:53 Diperbarui: 16 September 2022   21:41 174 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosialisasi kegiatan Parenting

KARAWANGKegiatan pengabdian mahasiswa Unsika sejalan dengan tridharma perguruan tinggi ke tiga yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan dengan penuh antusias dan tanggung jawab. Mahasiswa Unsika melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Duren, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. Pengabdian ini dimulai pada bulan Juli dan akan berakhir pada pertengahan Oktober.

Kegiatan KKN dipimpin oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dr. Ajat Rukajat, M.M.Pd dan kelompok yang diketuai oleh Fiqri Firmansyah. Kegiatan KKN telah melaksanakan beberapa program kerja yang berfokus pada program kerja Organisasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Desa Duren. 

Program kerja yang dilaksanakan berfokus pada peningkatan kinerja guru PAUD dan bertujuan untuk mentransfer ilmu yang diperoleh mahasiswa selama studi ke lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Salah satu program utama program kerja dalam kegiatan KKN ini adalah pelaksanaan kegiatan parenting media tanam yang bertujuan untuk menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik antara anak dengan orang tuanya.

Sosialisasi kegiatan Parenting
Sosialisasi kegiatan Parenting

Kegiatan diawali dengan dengan menghubungi (bersosialisasi) dengan orang tua mengenai pentingnya parenting dilakukan dan manfaatnya, seperti;

Kegiatan yang Sehat dan Menyenangkan

Mendampingi anak bermain dapat membuat kesehatan mental dan psikis anak lebih baik. Anak-anak dapat mengeksplorasi lingkungan sekitarnya dengan aman jika ditemani oleh orang tua. Mendampingi anak dapat meningkatkan keberanian dan kepercayaan dirinya.

Pemantauan dan Peningkatan Perkembangan  Anak

Orang tua dapat bermain bersama untuk mempelajari tingkat perkembangan kognitif, motorik, sosial, dan bahasa anak mereka. Aktivitas bermain menunjukkan bahwa anak Anda dapat melakukan apa saja. Ibu juga dapat merangsang tumbuh kembangnya melalui kegiatan sehari-hari yang dapat mereka lakukan bersama.

Mempererat Ikatan Emosional

Bermain dengan anak dapat memperdalam ikatan emosional antara orang tua dan anak. Ikatan ini memungkinkan anak untuk merasa lebih nyaman di lingkungan mereka sendiri dan menerima dukungan terbaik dari orang tua mereka. Selain itu, dukungan orang tua juga bisa membuat hubungan Anda dengan si kecil semakin dekat dan hangat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan