Mohon tunggu...
SUTOMO PAGUCI
SUTOMO PAGUCI Mohon Tunggu... Advokat

Praktisi hukum | Suka mendaki gunung, menonton film, dan kuliner | 🌐 Padang, Sumatera Barat, Indonesia | sutomo1975@yahoo.co.id | Wajib izin untuk setiap penayangan ulang atau copy paste sebagian atau seluruh tulisan saya.

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Tabung Gas Ulir Canister Diisi Ulang, Amankah?

21 Mei 2021   17:47 Diperbarui: 22 Mei 2021   16:49 766 11 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tabung Gas Ulir Canister Diisi Ulang, Amankah?
Tabung gas tipe ulir (Dokumentasi Pribadi)

Produsen tabung gas tipe ulir atau canister, yakni tabung gas untuk kebutuhan kegiatan luar ruang (outdoor), menyebut berbahaya tabungnya diisi ulang. 

Alasannya, tabung canister rawan meledak, karena valve bisa jebol saat ditekan waktu isi ulang.

Benarkah? 

Berikut ini adalah pengalaman atau percobaan yang telah saya lakukan ratusan atau mungkin ribuan kali selama bertahun-tahun.

Oh iya, bila dilihat bentuk fisik dan tujuan penggunaan, valve tabung gas ukuran apapun, termasuk tipe ulir, memang didesain untuk menerima tekanan regulator kompor. 

Dan karena cara kerja konektor isi ulang canister mirip tekanan seperti pada regulator waktu menempel pada tabung gas, maka pengisian ulang canister harusnya aman.

Konektor untuk tabung gas kecil tipe Hi-cook atau Wonder ke tabung gas ulir (dokpri)
Konektor untuk tabung gas kecil tipe Hi-cook atau Wonder ke tabung gas ulir (dokpri)
Dengan catatan, mungkin saja valve canister jebol kalau konektor ditekan terlalu kencang waktu isi ulang. Sebaliknya bila valve menerima tekanan wajar, seperti saat regulator menempel, harusnya aman.

Yang pasti, saya bertahun-tahun pakai tabung canister diisi ulang dan sejauh ini aman-aman saja. Belum pernah sekalipun mengalami tabung canister meledak.

Cara saya mengisi ulang tabung canister adalah sebagai berikut:

Tabung canister kosong dimasukan dulu dalam freezer 15-30 menit. Tujuannya untuk mendinginkan dan mengurangi tekanan dalam tabung supaya siap diisi ulang. Setelah itu, baru tabung canister diisi ulang.

Cara lain mendinginkan tabung canister: rendam tabung canister dengan air es batu dalam wadah baskom dan sebagainya. Dengan cara ini, pengisian ulang bersamaan dengan merendam 2/3 bagian tabung canister tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN