Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Yuk Berwisata ke Kota Bogor

25 Juni 2022   19:47 Diperbarui: 25 Juni 2022   20:15 320
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tapas Lawang Selapan (sumber:  bappeda.kotabogor.go.id)

Bogor adalah kota satelit bagi ibukota Republik Indonesia saat ini, sering disebut sebagai Jabodetabek, dimana 'bo' adalah 'Bogor'. Bogor sendiri adalah sebuah kota kecil, kalau kita ke sana, tampaknya besar, tetapi karena dikelilingi oleh Kabupaten Bogor. Secara berkelakar, kota Bogor itu kalau digambarkan sebagai telur ceplok hanyalah kuning telurnya, sedang putih telurnya adalah Kabupaten Bogor. Yang terkenal banyak curug atau air terjunnnya termasuk wilayah Kabupaten Bogor.

Kalau kota Jakarta sendiri sudah berusia 495 tahun pada 25 Juni 2022, maka kota Bogor sudah berusia 540 Tahun pada 3 Juni 2022 ini  Tahun berdirinya kota Bogor dihitung dari saat kota Bogor menjadi ibukota kerajaan Pakuan yang dipimpin prabu Siliwangi.

Pada Koteka Talk sore ini, yang bertajuk "Wonderful Indonesia: Selamat Hari Jadi Kota Bogor ke 540", Koteka, komunitas traveler Kompasiana berhasil mendatangkan Ara Wiraswara, dengan pemandu Gaganawati Stegmann.

Ara (dok:Koteka)
Ara (dok:Koteka)
Ara adalah seorang ASN di Dinas pariwisata dengan jabatan sebagai Kabag Pemasaran Pemkot Bogor. Ara lahir di Lebak, menamatkan S1-nya di ITB, pernah menjadi penyiar radio dan wartawan dan sering mewakili sebagai delegasi kota Bogor di even-even internasional, serta pernah aktif di kepramukaan.

Pendapatan Pemkot Bogor sangat tergantung dari pariwisata, hotel dan khususnya restoran  Saat ini tersedia 98 hotel, meski maksimum hanya bintang empat serta 600 cafe dan resto. Bisnis warung kopi juga sangat berkembang, bahkan akan berlangsung Festival Kopi pada bulan Oktober 2022 nanti.

Sudah menjadi ikon destinasi kota Bogor, yakni Kebun Raya Bogor, Istana Bogor, Tugu Kijang, Alun-alun kota Bogor, kawasan Pecinan Surken dan Tepas Lawang Selapan.

Tugu Kujang, Tepas Lawang Salapan dan Alun-alun kota Bogor (dahulu dikenal sebagai Taman Wilhelmina) dikenal sebagai kawasan heritage karena masih banyak ditemukan bangunan kuno yang masih terpelihara baik.

Mulai tahun 2022, Pemkot Bogor mengeluarkan kalender acara seperti pesta musik, Capgomeh, fun run, bersepeda, dan kunjungan ke kampung wisata.

Uniknya festival Capgomeh tidak dirayakan oleh kalangan Tionghoa saja, tetapi sudah berbaur dengan warga setempat.

Guna menunjang pariwisata di kota Bogor, Pemkot Bogor menyediakan 5 bis gratis untuk keliling Bogor, khususnya pada akhir pekan dan hari libur. Akses ke Bogor sendiri juga mudah. Selain bisa dikunjungi dengan kendaraan pribadi dari Jakarta, juga dapat menggunakan bis dan kereta api commuter line.

Saat ini sedang dikembangkan 7 kampung wisata, diantaranya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun