Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Purna tugas - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Memanfaatkan Sosmed untuk Mempromosikan Wisata

15 Mei 2022   06:30 Diperbarui: 15 Mei 2022   06:48 208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Purwakarta (sumber: suarajabar.com)

Semua orang asalkan tidak gaptek, pasti tahu sosmed alias sosial media. Tidak kurang bahayanya sosmed, tapi anak muda di Purwakarta sanggup mengelolanya hingga bermanfaat.

Koteka, komunitas traveler Kompasiana berkolaborasi dengan komunitas Kompasiana Purwakarta, Warga Kota mengadakan webinar bertajuk "Peranan  Medsos Dalam Promosi Paruwisata Purwakarta". Sebagai narasumber Alpiadi Prawira Ningrat, pengelola platform 'Urang Purwakarta" yang dipandu oleh Ony Jamhari dari Koteka.

Apriadi (dok: Koteka)
Apriadi (dok: Koteka)
Urang Purwakarta dalam bahasa Indonesia adalah orang Purwakarta. Adalah sebuah platform sosial media dari komunitas anak muda yang lahir dan mencintai dan bangga sebagai warga Purwakarta.

Alpiadi adalah anak muda yang lahir di Purwakarta, meraih gelar S1 di Universitas Indonesia dan sekarang bekerja di Chevron.

Pada tahun 2012-2013, Alpiadi melihat banyak anak muda belum tahu tentang Purwakarta, karena jarangnya informasi. Terbersit ide untuk menyasar anak muda dengan platform yang banyak digunakan anak muda yaitu sosial media.

Platform ini menyediakan informasi tentang destinasi wisata, tokoh nasional asal Purwakarta dan hasil batuan andesit terbaik.

Disamping platform Urang Purwakarta ada juga sosmed 'Purwakarta Bangga", "Purwakarta Zaman Now" dan "Sampuradun" yang khusus tentang wisata.

Melalui medsos ini berguna sebagai media informasi sekaligus mengajak anak muda berpartisipasi membangun Purwakarta.

Karena berbasis sosmed, maka platform ini menggunakan Instagram, Facebook, YouTube dan TikTok.

Melalui platform ini anak muda diajak mengenal produk asli, kuliner, tempat bersejarah dan budaya asli Purwakarta, serta mengajarkan toleransi.

Disamping itu juga menampilkan fakta menarik mengenai prestasi anak muda, di sektor olahraga bahkan politik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun