Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Yuk Berlibur ke Gili Trawangan

18 Juli 2020   18:48 Diperbarui: 19 Juli 2020   14:06 166 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk Berlibur ke Gili Trawangan
Ilustrasi diving (sumber: theculturetrip.com)

Sudah lama saya merencanakan untuk berlibur ke Gili Trawangan hanya belum terlaksana karena belum survei cara menuju kesana. Minat ke Gili Trawangan terpicu kembali saat mengikuti webinar melalui zoom yang diprakarsai Koteka komunitas penggemar jalan-jalan Kompasiana pada sore hari ini.

Gili Trawangan adalah salah satu pulau terbesar dari tiga pulau kembar. Dua pulau lainnya adalah Gili Meno dan Gili Air. Pada webinar yang diselenggarakan oleh Koteka ini menampilkan nara sumber Muslifa Aseani pustakawan di Lombok dan Yogie pelaku wisata di Gili Trawangan. Gili Trawangan adalah obyek wisata pantai yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat, berada dilepas pantai Barat Laut pulau Lombok.

Melalui keduanya saya banyak menyerap pengetahuan, bagaimana menuju ke Gili Trawangan. Meski masih era pandemi covid-19 namun obyek wisata Gili Trawangan sudah dibuka. Hanya Anda harus mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan. 

Hanya saja hotel tidak menyediakan menu buffet melainkan makanan disajikan dalam kemasan kardus dan dibagikan kepada penghuni hotel. Tapi suasana hotel dan kawasan wisata masih sepi sehingga seolah-olah Anda pemilik tunggal pulau ini.

Yogie menjelaskan dengan gamblang cara menuju Gili Trawangan. Untuk berlibur ke Gili Trawangan, Anda dapat menggunakan pesawat udara menuju bandar international Lombok atau Denpasar. Dari bandara udara Lombok, Anda harus menuju pelabuhan Slagan. 

Sedangkan bila dari bandara udara Denpasar  Anda dapat menuju pelabuhan Prembain. Lalu menggunakan kapal lambat atau kapal cepat menuju Gili Tawangan. Anda juga dapat menuju Gili Trawangan melalui Senggigi yaitu melalui pelabuhan Bangsal.

Selama di tiga pulau Gili ini Anda dilarang menggunakan mobil atau sepeda motor. Untuk bepergian Anda dapat berjalan kaki  naik kuda atau sepeda. Disana banyak tersedia penyewaan kuda dan sepeda. Disana juga ada transpotasi kereta yang ditarik kuda yang disebut cidomo.

Gili Trawangan terkenal karena kehidupan laut yang indah dan formasi koral yang bagus. Itulah sebabnya Anda perlu melakukan diving disana.

Beberapa lokasi diving yang bagus adalah Shark Point, Manta Point dan Simon Reef. Yuk berlibur ke Gili Trawangan sambut mbak Yogie yang ceria.

VIDEO PILIHAN