Sutanto Windura
Sutanto Windura

pendiri dan direktur The Brainic® Insitute dan Brainic® Smart Learning.\r\nhttp://www.brainicsmart.com/

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kecerdasan Bahasa atau Verbal-Linguistic Intelligence

8 Juli 2013   13:11 Diperbarui: 24 Juni 2015   10:51 14 0 0
Kecerdasan Bahasa atau Verbal-Linguistic Intelligence
1372831636545369907

Pembaca jenius dengan multi kecerdasan, Pada bain trips sebelumnya saya telah menerangkan apa itu konsep Kecerdasan Berganda atau Kecerdasan Majemuk atau Multiple Intelligence. Pada kesempatan ini saya akan memaparkan mengenai Kecerdasan Bahasa atau Verbal Linguistic Intelligence. Kecerdasan Bahasa adalah kecerdasan yang paling sering kita gunakan. Kita berkomunikasi dengan menggunakan suatu bahasa. Pelajaran bahasa Inggris dan bahasa Indonesia pun selalu jadi pelajaran wajib di sekolah-sekolah. Kecerdasan Bahasa adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan untuk melakukan sekaligus memahami informasi dan komunikasi kepada/dari orang/pihak lain, baik secara lisan maupun tertulis. Lalu bagaimana ciri-ciri orang yang punya Kecerdasan Bahasa yang menonjol? Anda akan dapat menjumpai orang-orang dengan kecerdasan ini yang:

  • Suka permainan bahasa, misalnya suka mengisi TTS, scrable, dan sebagainya
  • Menyukai diskusi bahkan debat
  • Pandai dan cepat menguasai bahasa asing baru, punya selera humor yang baik
  • Dan mampu mengerti dengan cepat apa yang didengarnya atau yang dibacanya
  • Dalam percakapan sering banyak disisipi dengan kata-kata seperti "Dengan kata lain,......", jadi bukan menggunakan "Maksud saya....", dan sebagainya.

Sedangkan Karir atau pekerjaan yang cocok antara lain menjadi penulis, wartawan, pengacara, juru bicara suatu organisasi, guru bahasa, penerjemah (translator), copywriter, editor majalah atau surat kabar, presenter TV atau radio, dan lain sebagainya. Tokoh-tokoh terkenalnya adalah: presiden Indonesia pertama Ir. Soekarno, Mark Twain, Charles Dickens, John Grisham, dan lain-lain. Nah, lalu bagaimana cara meningkatkan kecerdasan ini? Berikut ini adalah tips-tipsnya:

  1. Anda harus selalu aktif mencari kata-kata baru dalam kamus. Setiap Anda menemukan suatu kata baru, carilah artinya, lalu cobalah menggunakan dengan kalimat atau konteks yang berbeda.
  2. Pelajarilah kata-kata atau kutipan-kutipan populer dari tokoh-tokoh terkenal
  3. Bawalah buku saku kecil setiap saat untuk menuangkan ide-ide Anda
  4. Pelajarilah bahasa asing baru setiap 5 tahun sekali, misalnya.
  5. Belilah buku-buku permainan kata-kata seperti TTS, kumpulan puisi, dsb.
  6. Dengarkan nada, pola dan ritme orang-orang di sekitar Anda yang sedang berbicara dan perhatikan mengapa mereka melakukannya dengan cara seperti itu.

Nah, menurut Anda apakah Anda punya kecerdasan bahasa yang menonjol? Apakah Anda sudah mengoptimalkannya?