Mohon tunggu...
Susi Ernawati Susindra
Susi Ernawati Susindra Mohon Tunggu... Cakrawala yang membentang

Perempuan Jepara yang suka jalan-jalan dan menulis apa yang dirasa. "Adakalanya kita perlu melihat lebih dekat apa yang kita rasa jauh. Karena dunia menawarkan diri untuk dijelajah. Vivre pour Vivre

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Mau Wisata Bebas Gadget? Ke Desa Tempur Jepara Saja!

24 Januari 2017   12:23 Diperbarui: 24 Januari 2017   12:40 2980 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mau Wisata Bebas Gadget? Ke Desa Tempur Jepara Saja!
Dok.pribadi

Ada beberapa orang yang memang kecanduan gadget sehingga bingung bagaimana cara mengatasinya. Adapula tipe yang jika berlibur ingin bebas gadget maupun internet. Bagi kelompok kedua ini, saya punya satu destinasi wisata asyik, yaitu desa Tempur. Desa ini membantumu bebas dari gadget yang membutuhkan kuota internet. Untuk berkomunikasi, ada satu provider yang bisa digunakan, yaitu Indosat.

Apa yang bisa dilakukan di desa ini?

1. Indahnya sawah terasering desa Tempur

Desa Tempur adalah desa wisata alam yang cukup lengkap. Ketika mulai memasuki desa kita sudah disuguhi pemandangan alam yang sangat indah. Bukit hijau menjadi latar belakang sawah terasering yang dibelah sungai Kali Ombo yang berbatu-batu. Semua wisatawan yang datang selalu dibuat takjub oleh keindahan alami desa Tempur.

2. Bermain di sungai

Desa Tempur dilewati 2 sungai yang berasal dari gunung Gunung Muria. Namanya Kali Ombo (di dukuh Miren) dan Kali Gelis (di dukuh Karang Rejo). Sungai-sungai ini merupakan sungai berbatu yang tersusun secara alami. Alirannya cukup deras sehingga wisatawan perlu berhati-hati menjaga keselamatannya. Wisata sungai yang paling digemari berada di bawah jembatan penghubung desa Tempur dengan desa lain. Di sini ada sebuah warung yang selalu siap melayani pembelinya dengan aneka minuman hangat serta camilan dengan harga normal.

Dok.pribadi
Dok.pribadi
3. Wisata kebun kopi

Wisata kebun kopi berada di dukuh Duplak, dukuh tertinggi di desa Tempur. Lokasinya menanjak sejauh 3 KM dari desa. Dukuh ini memiliki area kebun kopi yang sangat luas. Bersantai di sekitar pepohonan kopi yang berbentuk unik dengan bau wangi bunga kopi yang menguar sangat menenangkan jiwa. Apalagi ada beberapa area kebun kopi yang sangat dekat dengan perbukitan yang menyuarakan nyaringnya nyanyian belalang. Jangan cemas datang sendiri, lokasi perkebunan sangat dekat dengan rumah warga.

4. Kuliner kopi di dukuh Duplak

Di dukuh Duplak ada sebuah kedai kopi yang menjadi andalan warga dan wisatawan. Beberapa jenis kopi dapat dipesan di sini. Menu andalannya adalah kopi petik merah yang dipetik saat benar-benar berwarna merah dan kopi lanang. Kedai ini juga menjual kopi dengan kemasan besar maupun kecil.

Dok.pribadi
Dok.pribadi
5. Candi Bubrah dan Candi Angin

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN