Mohon tunggu...
SD NEGERI KLOPOSAWIT 01
SD NEGERI KLOPOSAWIT 01 Mohon Tunggu... Guru - GURU

Belajar untuk Kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi 2 Mingguan Modul 1.2

11 September 2022   10:40 Diperbarui: 11 September 2022   10:42 2544
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam dan Bahagia Guru Hebat di Seluruh Indonesia

Pada kesempatan pertama ini saya akan menuliskan refleksi 2 mingguan modul 1.2 dengan judul modul Nilai dan peran Guru Penggerak,semoga tulisan kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Peristiwa (Facts

Hal-hal atau peristiwa yang terjadi selama mempelajari modul ini, saya merasa senang mendapatkan ilmu tentang peran dan nilai guru penggerak, didorong oleh rasa senang yang muncul dalam hati saya, saya mempelajari modul dengan sungguh-sungguh. Saya baca tujuan atau capaian yang diharapkan dalam pembelajaran. Saya pelajari materinya  secara menyeluruh, saya kerjakan instruksinya seperti yang di minta dalam modul dan kami praktekan sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Perasaan (Feelings)

Perasaan yang pertama kali muncul adalah rasa bangga dan senang karena telah menyelesaikan modul sebelumnya yaitu modul 1.1. Di dorong dengan perasaan senang dan bangga, kemudian muncul perasaan tertarik untuk mempelajari isi modul. Walaupun bersamaan dengan tugas-tugas sekolah yang menumpuk dan adanya kekhawatiran tidak bisa membagi tugas antara kegiatan mempelajari modul dan kegiatan rutinitas sebagai guru tetap kami merasa senang dan tidak merasa terbebani. Hal pokok yang saya tanamkan dalam hati saya, saya pasti bisa menyelesaiakan modul 1.2 ini dengan baik, seperti menyelesaikan modul 2. Apalagi setelah dijalani ternyata apa yang saya khawatirkan itu tidak terjadi kegiatan utama sebagai guru tetap berjalan kegiatan guru penggerak bisa mengikuti dengan baik. Ini berkat kolaborasi yang baik antara instruktur, pengajar praktik, dan teman-teman CGP yang selalu mengingatkan dan saling membantu dalam menyelesaikan modul 1.2. Dan juga didukung oleh kepala sekolah dan teman sejawat yang selalu memberi dukungan untuk tetap semangat menjalani progam guru penggerak

Pembelajaran (Findings)

Pembelajaran yang saya dapatkan dari modul 2 ini diantaranya, membuat trapesium usia, hubungan antara emosi, cara kerja otak, kebutuhan dasar manusia, daya untuk memilih, motivasi intrinsik, dan struktur sistemik lingkungan dalam pembentukan nilai-nilai dalam diri seseorang. Hal yang berikutnya saya pelajari yaitu menjelaskan makna Profil Pelajar Pancasila dalam transformasi pendidikan, menjelaskan makna peran guru penggerak dalam transformasi pendidikan, mengetahui bahwa keteladanan dan sistem pembiasaan yang konsisten di suatu lingkungan mempengaruhi penumbuhan nilai-nilai dalam diri seseorang , dan mengelaborasi makna pemimpin pembelajaran di sekolahnya masing-masing. Selain itu saya juga belajar tentang bagaimana otak bekerja, kebutuhan dasar manusia, tahap tumbuh kembang anak dan tahap perkembangan psikososial Erik Erikson.

Perubahan (Future)

Perubahan yang ingin saya lakukan adalah akan menumbuhkan atau menebalkan nilai dan peran guru penggerak dalam diri saya mempraktekkan cara-cara menumbuhkan profil pelajar pancasila dengan pembiasaan dan perturan yang konsisten. Untuk menebalkan nilai-nilai guru penggerak yang saya lakukan yaitu, nilai berpihak pada murid dengan cara selalu mendampingi murid ketika proses pembelajaran dan tidak ijin meninggalkan kelas. Nilai mandiri, saya wujudkan dengan cara selalu belajar sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan jaman, termotivasi untuk pengembangan diri tanpa menunggu perintah dari atasan. Nilai reflektif, saya wujudkan dengan selalu memaknai setiap kegiatan baik di kelas maupun di lingkup sekolah dengan cara meningkatkan hal yang sudah baik dan memperbaiki hal yang masih kurang. Nilai kolaboratif, saya praktekkan dengan membangun rasa saling percaya dan saling menghargai, serta mengakui dan mengelola kekuatan serta perbedaan peran tiap pemangku kepentingan di sekolah, sehingga tumbuh semangat saling mengisi, saling melengkapi. Nilai nilai inovatif, saya wujudkan dengan melihat peluang/potensi yang ada di sekitarnya untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pembelajaran murid., memunculkan gagasan segar dan tepat guna, penguatan semangat ko-kreasi (gotong-royong) dan pemberdayaan aset/kekuatan yang ada di sekolah untuk mewujudkan visi bersama.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun