Mohon tunggu...
sur yanto
sur yanto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Bakul Snack

Cek sini : http://www.tenongan.com/

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Sekarang Buat Akte Kelahiran Online dari Rumah

22 Februari 2021   11:14 Diperbarui: 22 Februari 2021   11:19 1005
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setelah sekitar seminggu anak saya lahir, selanjutnya saya berencana untuk membuatkan Akte Kelahiran. Maklum setelah beberapa anak sebelumnya sempat telat membuat akte, akhirnya harus dibuat sedikit pusing. Aturan yang dulu memang sangat berbeda dengan sekarang. Apalagi dengan adanya musim pandemi ini. Sangat jauh berbeda. Bahkan saya mengurusnya akte kali ini, cuma sekali jalan. Yaitu ke kelurahan saja, selanjutnya tinggal tunggu selama 5 hari dirumah. Akhirnya akte, KIA (kartu identitas anak) dan KK sampai dirumah.

Berawal dari kelengkapan yang harus dipenuhi, mulai dari foto copy KK, KTP, Buku Nikah, dan surat keterangan lahir dari bidan/puskesmas/rumah sakit, saya pergi ke kelurahan dimana saya tinggal. Disana diterima seorang staf yang mengurusi masalah beginian. Untungnya juga saya sudah kenal dengan mbak nya ini dan kelurahan juga sedang sepi. 

Saya utarakan maksud kedatangan saya dan menyerahkan semua syarat yang sudah saya siapkan tadi. Mbak nya ini cuma bilang, "Nanti bapak lakukan sendiri ya, online semua, cuma lewat Wahtsapp. Nanti saya beritahu stepnya". Mendengar ini, saya terkejut bukan kepalang, senang nya bukan main.

Setelah yang dilakukan staf kelurahan selesai, saya diberi 2 nomor WA yang nantinya untuk kegiatan pembuatan akte tersebut. Ingat ya, yang nanti akan kita dapatkan dalam pengurusan akte adalah Akte, KIA dan KK.

Fungsi 2 nomor WA tersebut adalah :

1. Untuk mendaftar resmi ke Disdukcapil

2. Untuk mengirim semua berkas yang diperlukan

Adapun fungsi nomer pertama di Whatsap dapat balasan seperti ini :

Nah, disitu kita balas dengan angka "4". Dan akan muncul :

dokpri
dokpri
Untuk fungsi nomer 1 WA sudah selesai, cuma daftar saja. 

Kemudian lanjut ke fungsi nomor 2 WA adalah untuk mengirim semua berkas yang diperlukan. Termasuk yang dari kelurahan tadi juga dikirim via WA dalam bentuk foto. Usahakan foto yang jelas, agar lebih mudah untuk prosesnya. Dan data yang saya kirim di nomor 2 WA adalah sebagai berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun