Mohon tunggu...
Ahmad Suryani
Ahmad Suryani Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Hobby dan Pekerjaan

8 Desember 2016   12:42 Diperbarui: 8 Desember 2016   12:57 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Menikmati sebuah hobby merupakan hal yang begitu indah dan menjadikan segalanya kedalam sebuah puncak kenikmatan hidup dalam menjalaninya. Berbagai macam Hobby yang datang secara alami, maupun di ciptakan untuk memenuhi kebutuhan akan hadirnya hobby baru, semua jamak dan kembali pada nilai manfaat.  Suka maupun tidak suka di saat kita mendapati kejenuhan tentunya memerlukan pencerahan / refresh kepenatan untuk melepas semua itu.

Memancing merupakan salah satu hobby  yang menjadi kegemaran saya dalam mengisi kejenuhan,  banyak teman teman berpendapat memancing adalah kegiatan bodoh dan malas , hampir sebagian waktu di habiskan dengan menunggu umpan di makan.  ada benar dan ada tidaknya dalam pandangan tersebut, menunggu merupakan pekerjaan yang amat membosankan di saat kita membutuhkan sesuatu yang ingin kita dapati baik dari tujuan pekerjaan , maupun dari hasil pencapaian. 

Dalam melakukan sebuah pekerjaan tentunya kita ingin mendapati hasil yang gemilang  cepat dan tidak berlarut larut untuk menuju prosesnya,  saya pernah membuat sebuah study kecil dalam team work saya di mana saya bekerja pada sebuah perusahaan asing yang benar benar membutuhkan kinerja team work. Berkaitan dengan hasil dan presentasi yang saya tuangkan dalam memberikan materi kesemua bergantung bagaimana kita sebagai pemberi bahan materi dan siapa yang menerima.

Konsep dalam berbisnis / mengejar pencapaian hasil yang gemilang dalam buku  One Day One Closing , Steven Tew . sebuah perjalanan karir dari seorang Steven Tew , yang mendapati hasil kerja kerasnya dengan menanamkan prinsip dalam satu hari satu penjualan di dapat.  mampu dan beliau lakukan itu konsisten selama berapa tahun , dan bukan hanya mendapati pencapaian hasil untuk diri pribadi , keluarga maupun perusahaan dimana ia bekerja, juga menjadikan sebuah motivasi untuk para pekerja di lapangan lainnya.

Kenyataan dari hasil tentunya tidaklah lah sama dengan harapan, bagaimana semua itu bisa terjadi, kembali pada hakikat nya, apapun yang kita lakukan semua merupakan ibadah sementara rejeki Allah SWT yang memberikan, di mana , kapan dan berapa , kesemua itu adalah rahasia Allah SWT.  Kita sebagai manusia cukup berusaha dan berusaha,  lakukan dengan sungguh sungguh , nikmati apa yang sudah di dapat. kesemua adalah usaha kita dan rejeki yang Allah SWT berikan.

Dari beberapa sahabat saya yang menjadi bagian team work , hampir rata rata memiliki type pekerja keras, keinginan untuk melaksanakan begitu terlihat baik dalam mengikuti pelatihan , maupun melakukan kegiatan kesehariannya di lapangan. semangat untuk melakukan presentasi dan kunjungan pada orang orang yang di temui  semua bersynergi dalam semangat yang terlihat.  bagaimana pencapaian nya kemudian ,  bersyukur saya katakan , hampir semua mendapati sekalipun tidak sesuai harapan.

Adakah sebuah hobby yang dapat di jadikan sebuah penghasilan dalam menjalani kehidupan,  banyak sekali hingga saat ini saya dapati teman teman menjalani kegiatan untuk menopang kahidupannya beranjak dari hobby,   bahkan melepas pekerjaan tetapnya untuk di lanjutkan dengan hobby nya yang menghasilkan lebih dari pekerjaan lamanya.  Disitulah pandanan saya buka, tidak semua hobby itu negatif.

Sama halnya pada pekerjaan saya dahulu , saat membentuk sebuah team work, saya amat menikmati pekerjaan saya di lapangan, mengunjungi orang orang yang tidak saya kenal, melakukan pendekattan hingga sampai akhirnya menjadi teman yang baik dan terus terjaga dalam berkomunikasi.  dampak positif yang saya ambil adalah persahabatan,  sementara dampak positif dari perusahaan yang di inginkan adalah pencapaian hasil, kesemua bersynergy dan menjadikan kesatuan utuh menjadi kesinambungan.

Dulu saya memandang pekerjaan saya adalah bagian daripada hobby yang amat saya sukai pada pekerjaan di lapangan.  sehingga pola saya dalam membentuk team work bagaimana menciptakan searah pada tujuan menjadikan pekerjaan adalah bagian dari kenikmatan yang dapat kita jalani. dan disini pula saya mendapati banyak pembelajaran, bahwa menjadi seorang pemimpin tidaklah semudah pola pikir kita dalam mengimplementasikan tujuan di lapangan.

Lalu apa hubungannya Hobby dan pekerjaan. saya coba lepaskan penatnya pemikiran saya pada pekerjaan , saya coba bebaskan pikiran saya dengan menikmati hobby saya menuju klimaksnya dalam memenuhi kenikmatan yang jauh dari unsur pekerjaan dalam mendapatkan penghasilan.  saya mulai dari ( 0 ). saya manfaatkan penghasilan saya untuk sebagian besar memenuhi kenikmatan saya untuk memancing.

Di mulai dari perlengkapan , sampai mengikuti kegiatan komunitas komunitas pemancing yang ada di Jakarta, hingga perjalanan memancing menuju area area yang bisa di katakan sura nya para pemancing. saya pelajari baik individu para penghobby, sampai menikmati apa yang di capai pada kegiatan memancing tersebut. di sisi yang sama saya perhatikan nikmat memancing pada saat saya mendapati wook up / strike , dan di saat saya mendapati closing penjualan di lapangan,  sungguh satu kesamaan yang bisa saya tuangkan dan benar benar bisa saya rasakan nikmat yang Tuhan berikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun