Mohon tunggu...
Surrotul Hasanah
Surrotul Hasanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo terimakasih telah berkunjung di akun kompasiana saya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sosialisasi BERTANGGI (Bersih Tangan & Gigi) KKN Universitas Negeri Malang Di SDN 1 Tamanharjo

26 Juli 2021   10:52 Diperbarui: 26 Juli 2021   11:40 108 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tamanharjo -- Sabtu (24/7) Covid-19 yang kian menyebar luas dapat mengancam kesehatan pada anak-anak tidak terkecuali di lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah dapat menjadi tempat aman dan sehat melaui kegiatan belajar mengajar, dengan membangun perilaku sehat hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan cara membiasakan diri mencuci tangan dan gosok gigi yang benar sebagai upaya dalam pencegahan penyakit termasuk.  '

Berdasarkan hal tersebut, maka KKN Tamanharjo Universitas Negeri Malang memberikan sosialisasi terkait pentingnya kebersihan pada lingkungan sekolah untuk mencegah penyebaran kuman melalui cara bersih tangan dan gosok gigi (BERTANGGI) di SDN 1 Tamanharjo Kec.Singosari, Kab. Malang.

Dokpri
Dokpri

Kegiatan tersebut tidak langsung dilakukan praktik terhadap siswa karena terkendala adanya PPKM sehingga kami melakukan sosialisasi kepada guru-guru khususnya guru bidang studi olahraga yang sekaligus bertugas sebagai pembina UKS di SDN 1 Tamanharjo Kec.Singosari, Kab. Malang pada hari Senin, 21 Juli 2021. 

Namun, diharapkan bapak/ibu yang hadir dapat menyebar luaskan informasi yang kami berikan kepada para siswa. Menurut Bapak Rama Utama Putra dan Ibu Susi Ardiantini selaku guru senior di SDN 1 Tamanharjo mengungkapkan bahwa "kegiatan sosialisasi kesehatan gigi sering kali diberikan oleh pihak puskesmas terdekat. 

Untuk praktek menggosok gigi biasanya akan di dampingi oleh bapak/ibu wali kelas. Kegiatan ini biasa dilakukan minimal 1x kali dalam satu semester. Bahkan respon dari wali murid juga sangat antusias, tak jarang yang anaknya ketika di rumah merasa malas untuk gosok gigi menjadi rajin ketika kegiatan ini dilaksanakan di sekolah. 

Tak hanya itu minimal 6 bulan sekali pihak sekolah akan bekerja sama dengan instansi terkait untuk melakukan pemeriksaan gigi anak anak. Tapi sejak pandemi menyerang kita, seluruh kegiatan yang rutin kita lakukan harus terhenti sementara."

Dokpri
Dokpri

Kegiatan sosialisasi dilakukan secara langsung dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat, sehingga cukup efektif untuk dipahami serta dipraktekan guru serta siswa nantinya. Kegiatan terdiri dari dua sesi yakni sesi pertama pemaparan cara membaca poster dan materi singkat tentang menjaga kebersihan pada lingkungan sekolah. 

Pada sesi kedua diskusi bersama guru SDN 1 Tamanharjo mengenai permasalahan gigi para siswa di SD tersebut. Selaian itu, tim KKN Tamanharjo Universitas Negeri Malang juga memberikan media pembelajaran berupa Poster dalam bentuk cetak, sehingga poster tersebut dapat dipasang di area sekolah sebagai bentuk edukasi langsung kepada siswa SDN 1 Tamanharjo. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan