Mohon tunggu...
Surrotul Hasanah
Surrotul Hasanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo terimakasih telah berkunjung di akun kompasiana saya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Desain Interior Perpustakaan dengan Konsep Atraktif untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di SDN 1 Tamanharjo

26 Juli 2021   08:38 Diperbarui: 26 Juli 2021   11:05 123 2 0 Mohon Tunggu...

Tamanharjo -- Sabtu (24/7) Perpustakaan sebagai salah satu tempat dalam memperoleh ilmu dan pengetahuan. Namun, saat ini banyak dari siswa kurang minta mengunjungi perpustakaan. 

Berdasarkan hal tersebut, KKN Tamanharjo Universitas Negeri Malang memberikan solusi untuk meningkatkan minat baca siswa SDN 1 Tamanharjo melalui penerapan psikologi warna dan bentuk pada desain interior perpustakaan dengan konsep atraktif melalui kegiatan sosialisasi di SDN 1 Tamanharjo Kec.Singosari, Kab. Malang.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Juli 2021 bertepat di SDN 1 Tamanharjo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang bersama Kepala Sekolah Ibu marsih dan beberapa guru lainnya. Kegiatan dimulai dengan penyampaian materi "Pentingnya Desain Perpustakaan yang Inovatif dengan Konsep Atraktif". 

Hal tersebut berguna untuk menarik minta siswa berkunjung ke perpustakaan karena suasana ruang perpustakaan yang nyaman dan menyenangkan. 

Kegiatan selanjutnya, memaparkan atau menejelaskan dengan detail terkait penggunaan desain ketika pihak sekolah mengimplementasikan desain interior perpustakaan tersebut. Adapun respon dari pihak sekolah terhadap produk desain perpustkaan sangat baik.

Keberadaan perpusataan di sekolah sangat penting dalam menunjang proses belajar siswa. Keberadaan perpustakaan sekolah tidak hanya sebagai tempat menyimpan buku namun juga untuk mendorong kencintaan siswa dalam meningkatkan minat baca.  

Ruang Perpustakaan dengan fasilitas nyaman dan penataan ruang yang indah dapat menarik siswa untuk berkunjung ke perpustakaan. Desain interior perpustakaan sangat diperlukan dalam menjaga eksistensinya sebagai inovasi baru.

dokpri
dokpri

Desain Perpusataan tersebut diberikan kepada pihak sekolah dengan harapan ruangan perpustakaan dapat didesain dan ditata lebih menarik agar para siswa tidak merasa bosan dan jenuh pada saat berkunjung ke perpustakaan sekolah. Dengan demikian, akan menghadirkan kenyamanan untuk para pembaca ketika berkunjung ke perpustakaan. 

Maka dari itu, tim KKN Tamanharjo Universitas Negeri Malang 2021 memberikan inovasi baru berupa Desain Interior perpustakaan dengan konsep atraktif sehingga siswa dapat membaca buku dan belajar dengan suasana nyaman dan menyenangkan.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN