Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017- 2024), dan pensiun PNS sejak 1 Februari 2024.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Giat Hari Ahad Sehat

8 Januari 2023   09:37 Diperbarui: 8 Januari 2023   09:42 274
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Giat Hari Ahad Sehat

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kondisi fisik yang sehat membuat jiwa semakin mantap. Meskipun hari Ahad, kita harus tetap bersemangat.

Jadwal atau agenda hari Ahad tanggal delapan Januari 2023 bergulir dengan lancar pada pagi hari. Usai menikmati secangkir kopi ginseng dan sepotong roti tawar yang dibeli di Fina Mart hari Sabtu jelang senja, saya segera menggelar karpet untuk alas menyetrika.

Rencana akan menyetrika pada malam hari Sabtu ternyata batal. Untuk itu, pagi-pagi hari Ahad saya harus "melunasi" segera. Cuaca yang agak mendung membuat suhu udara tidak terlalu panas. Saya dapat dengan santai menggosok satu demi satu pakaian pribadi.

Target waktu menyetrika adalah satu jam. Alhamdulilah, tidak meleset. Usai menyetrika, saya langsung ke samping kanan rumah untuk mencuci pakaian. Sebelumnya jadwal mencuci sudah saya pindah sore. Namun, pindah lagi pada pagi hari Ahad itu.

Urusan mencuci tergantung sikon. Pada saat bersemangat untuk mencuci, bisa dua kali dalam sehari mencuci pakaian. Hal itu bergantung agenda pada hari berikutnya. Jika hari berikut ada agenda harus berangkat pagi-pagi, biasanya pada malam hari saya mencuci pakaian. Meskipun hanya beberapa potong tidak masalah.

Durasi  untuk mencuci pakaian setengah jam saja. Kebetulan tidak terlalu banyak pakaian kotor yang harus direndam, dikucek, dan dibilas.

Selesai menjemur semua pakaian yang sudah selesai dibilas, saya segera mandi. Hari Ahad harus giat. Tidak bermalas-malasan. Sementara saya mandi, istri sedang sibuk di dapur.

Keluar dari kamar mandi, saya bertanya kepada istri tercinta apakah mau ke pasar induk Penajam. Ia menjawab mau. Itu berarti saya harus bersiap-siap mengenakan pakaian untuk keluar rumah. Kalau istri menjawab tidak akan ke pasar, tentu saya cukup memakai celana pendek dan kaos singlet.

"Jam berapa sekarang?" tanya saya.

"Jam delapan lewat sepuluh menit!"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun