Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Dilahirkan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), dan Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017-sekarang).

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Satu Kata Dasar Dapat Berubah Jadi Lima, Enam, hingga Delapan Kata Baru

18 September 2022   04:53 Diperbarui: 18 September 2022   05:02 120 11 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Satu Kata Dasar Dapat Berubah Jadi Lima, Enam, hingga Delapan Kata Baru

Kata-kata dalam bahasa Indonesia ada yang berperan luar biasa. Dari sebuah kata dasar, bisa diubah menjadi beberapa kata baru yang unik. Mungkin kita tidak menyadari bahwa satu kata yang kita ucapkan atau kita tuliskan merupakan perubahan dari satu kata dasar sederhana.

Sebelumnya perlu diingat lagi bahwa kata dasar adalah kata yang menjadi dasar bentukan kata yang lebih besar. Pada awalnya berupa kata yang tanpa diberi imbuhan, kemudian diberi imbuhan satu, dua, dan seterusnya.

Contoh:

Kata dasar satu diberi imbuhan "ber-" menjadi bersatu, diberi imbuhan "per-an" menjadi persatuan. Kemudian diberi imbuhan "pe-an" menjadi penyatuan. Diberi imbuhan "ke-an" menjadi kesatuan. Diberi imbuhan "di-kan" menjadi disatukan. Diberi imbuhan "meN-an" menjadi menyatukan. Dari satu kata dasar telah diubah menjadi enam kata baru.

satu-bersatu-persatuan-penyatuan-kesatuan-disatukan-menyatukan.

Tidak semua kata bilangan atau numeralia, dapat diperlakukan atau diberi imbuhan seperti kata dasar "satu" di atas. Kita harus berhati-hati saat membubuhkan imbuhan pada sebuah kata dasar.

Kata dasar "usaha" dapat diberi imbuhan apa saja?

ber- + usaha = berusaha

di-kan + usaha = diusahakan

meN-kan + usaha = mengusahakan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan