Mohon tunggu...
Supli Rahim
Supli Rahim Mohon Tunggu... Dosen - Pemerhati humaniora dan lingkungan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Mahasiswaku, Bagus Jika Kalian Ada Jejak Digital

21 Desember 2019   11:46 Diperbarui: 21 Desember 2019   12:03 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bismillah, Alhamdulillah, Allahumma shaliala muhammad.

Saya termasuk dosen yang tidak memperhatikan sistem penilaian yang rigid. Kehadiran tetap saya perhatikan tetapi jika mahasiswa itu ada karya, ada jejak digitalnya maka itu sudah cukup bagi saya.

Saya senang sekali ketika mahasiwa saya mempunya website sendiri. Alasannya sederhana. Kalau buku catatan akan hilang, buruk atau akan dibuang karena berdebu.

Beda dengan website ia akan kekal selama-lamanya asal ada sinyal. Pada suatu saat saya tanyakan tentang www. Pada blogspot kalian. Mereka tidak tahu. Saya bilang itu artinya world wide web. Jadi website yang mendunia.

Blogspot mahasiswaku. Dok.pri
Blogspot mahasiswaku. Dok.pri
Dok.pri
Dok.pri
Dok.pri
Dok.pri
Dok.pri
Dok.pri
Ada sejumlah alasan mengapa saya menggalakkan para mahasiswa untuk membuat blog sendiri..

Pertama, membuat blog itu adalah bentuk kepatuhan kepada dosen. Walau tidak wajib mereka patuhi tetapi saya tidak ada cara yang efektif untuk menilai mereka apakah mereka rajin atau tidak. Tapi melalui blog terkadang saya menemukan sejumlah mahasiswa yang kreatif dan inovatif dalam mendokumentasikan catatan kuliah mereka.

Kedua, saya meyakini bahwa mereka yang blog yang isinya beragam dan cantik dalam perancangannya akan terus belajar dan mengajarkan materi kuliah atau apa saja. Sering yang memonitor setelah tamat yang membuat blog dengan baik karirnya bagus.

Ketiga, ketika mereka meng-upload postingan secara tidak langsung mereka belajar sekaligus berbagi ilmu yang bermanfaat.

Keempat, terkadang dan sering saya dapat materi yang sama tetapi sudah ada modifikasi ke arah yang lebih baik lebih maju.

Karena itu wahai mahasiswa sekaligus am saya bangga kepada kalian yang sudah membuat blogspot dan memuat materi kuliah dalam blog kalian masing-masing . Saya bangga pada kalian. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun