Mohon tunggu...
Supli EffendiRahim
Supli EffendiRahim Mohon Tunggu... pemerhati lingkungan dan kesehatan

Orang biasa yang ingin jadi orang baik di mata Allah

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Menganalisis Kapan Terjadinya Lailatul Qadar

9 Mei 2021   05:45 Diperbarui: 9 Mei 2021   06:59 226 3 0 Mohon Tunggu...

Bismillah,

Lailatul qadar adalah malam penuh mutu, penuh kemuliaan diturunkan oleh Allah pada saat bulan ramadhan. Pada malam itu Allah menurunkan alquran dan malaikat dengan ijin tuhan. Mereka dirurunkan untuk semua urusan keselamatan manusia, di dunia dan akhirat. Malam penuh kemuliaan itu berlangsung sampai terbit pajar.

Waktu Lailatul qadar

Dari istilah bahasa lailatul qadar itu adalah malam bermutu maka seluruh malam dalam bulan ramadhan termasuk kategori lailtul qadar, karena semua malam dalam bulan ramadhan diberi mutu oleh Allah. Setiap amalan apapun dilipatgandakan 70 kali. Amalan wajib seperti shalat, zakat, puasa, umroh yang dilakukan selama bulan ramadhan. Amalan sunat silipatgandakan pahalanya sama dengan amalan wajib.

Banyak atau hanpir seluruh ulama berpenfapat bahwa kapan lailatul qadar itu terjadi adalah rahasia Allah. Tetapi nabi Muhammad saw memberi tahu bahwa lailatul qadar itu terjadi pada  malam-malam ganjil pada 10 hari terakhir dalam bulan ramadhan. Pada malam itu semua amalan pahalanya dilipatgandakan seumpama 1000 bulan atau setara dengan amalan 84 tahun.

Kemuliaan umat nabi Muhammad saw

Suatu saat sahabat nabi memberi tahu nabi bahwa umat para nabi sebelum nabi Muhammad misalnya umat nabi Musa, umat nabi Nuh, mempunyai umur yang panjang. Lalu sahabat nabi itu bertanya kepada nabi tentang amalan apa yang pahalanya bisa menandingi pahala umat terdahulu itu.

Nabipun terdiam lalu dia ditemui malaikat Jibril as dan setelah itu beliau saw menyampaikan firman Allah surat alqadar.

"Sesungguhnya Aku menurunkan lailatul qadar, tahukah engkau apakah lailatul qadar itu, lailatul qadar itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu para malaikat turun bersama malaikat Jibril dengan ijin tuhan mereka, di dalamnya mereka dirunkan untuk segala urusan, keselamatan beserta malam itu sampai terbit fajar".

Dari sini Allah swt yang Maha Pengasih Maha Penyayang, Maha Mendengar, Maha  Bijaksana telah memahami semua kemungkinan-kemungkinan apa yang akan terjadi. Umat akhir zaman ditaqdirkan oleh Allah swt berumur pendek tetapi diberi banyak keberkahan. Di antara keberkahan itu antara lain banyaknya bonus yang melipatgandakan pahala mereka antara lain adanya lailatul qadar, adanya sistem teknologi informasi, sistem transformasi dan berbagai kemudahan dalam segala hal.

Karena itu maka wajar jika kita bersyukur dengan sungguh-sungguh karena kita umat akhir zaman ini diberi Allah swt  nikmat sungguh amat banyak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN