Mohon tunggu...
Supli rahim
Supli rahim Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan dosen

Orang biasa yang ingin mengajak masuk surga

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Determinan Perilaku Kesehatan

6 Desember 2021   07:36 Diperbarui: 8 Desember 2021   14:29 24 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bismillah,

Prodi MKes PPS UKB telah menyepakati dalam visinya yakni "Menjadi prodi MKes yang unggul dalam manajemen penyakit berbasis faktor risiko dan sistem informasi  pada tahun 2029". 

Dalam upaya mewujudkan visi tersebut prodi MKes PPS UKB mengemban sejumlah misi antara lain mewujudkan pendidikan pengajaran berbasis hasil penelitian yang dipublikasikan secara nasional dan internasional. Penelitian yang terus akan dilakukan di Mkes PPS UKB Palembang sesuai dengan "peta jalan" prodi tersebut adalah trntang determinan perilaku kesehatan. Perilaku kesehatan ini didasari oleh sejumlah teori perilaku yang sangat terkait dengan derajat kesehatan masyarakat di sejumlah wilayah baik regional, nasional maupun internasional.

Teori HL Bloom

Sudah diketahui secara luas bahwa status kesehatan masyarakat menurut Bloom dipengaruhi 4 faktor yaitu lingkungan, perilaku, pelayanan kesehatan dan keturunan. Faktor lingkungan menyumbang sebanyak 40 persen, perilaku 30 persen disusul oleh akses dan ketersediaan pelayanan kesehatan sebanyak 20 persen dan faktor keturunan sebanyak 10 persen (Kemenkes, 2016).

Perilaku kesehatan dapat dikelompokkan kepada 3 kelompok yakni  1) perilaku pemeliharaan kesehatan yang teridiri dari: a) perilaku pencegahan dan penyrmbuhan penyakit, b) perilaku peningkatan lesehatan dan c) perilaku gizi makanan dan minuman dapat memelihara kesehatan. 

2) perilaku pencarian dan penggunaan sistem atau fasilitas kesehatan.

3) perilaku kesehatan lingkungan.

Determijan perilaku dapat dibedakam.memjadi 2 yakni: a) determinan atau faktor internal yaitu karakteristik individu yang bersangkutan, yang beraifat bawaam seperti tingkat kecerdaaan  tingkat emosional, jenis kelamin dan sebagainya..b) deterninan atau faktor ekaternal yaotu pengaruh dari lingkungan atau luar individu yang bersangkutan, baik lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, politik dsb. Faktor lingkungan ini merupakan faktoe yang dominan mewarnai perilaku seseorang.

Seoranh pakar B..Bloom membagi bahwa prilaku manusia terbagi ke dalam 3 domain sesuai dengan tujuan pendidikan. Bloom menyebutkan 3 ranah yakni kognitif, afektif dan psikomotor. Dalam perkembangannya teori  Bloom ini dimodifikasi untuk penguluran hasil pendidikan kesehatan yakni pengetahuan, sikap dan tindakan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan