Mohon tunggu...
Supadilah
Supadilah Mohon Tunggu... Guru - Guru di Indonesia

Seorang guru yang menyukai literasi. Menulis di beberapa media lokal di Banten, Sumatera Barat, dan Madura. Suka membaca buku genre apapun. Menyukai dunia anak dan remaja. Penulis juga aktif menulis di blog pribadi www.supadilah.com dan www.aromabuku.com serta www.gurupembelajar.my.id Penulis dapat dihubungi di 081993963568 (nomor Gopay juga)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pasar Riset Sekolah Ilalang

19 November 2022   19:17 Diperbarui: 19 November 2022   19:22 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Salah satu orang tua mendampingi buah cintanya melakukan presentasi. Dokpri

Hari ini mengikuti kegiatan pasar riset sekolah ilalang. Kegiatan ini menampilkan hasil riset para anak ilalang. Riset mereka beragam. Tuliskan yang didengar, tuliskan yang dilihat, tuliskan yang dirasa. 

Agenda rutin sekolah Ilalang ini dulu di adakan saat camp keluarga 

Tapi kali ini diadakan di Andika Resto, Rangkasbitung Lebak. Jadi secara penampilan anak-anak lebih rapi bahkan diwajibkan bersepatu. 

Meskipun hanya menyampaikan hasil riset tapi saya yakin prosesnya nggak sederhana. Setiap orang tua membantu anaknya untuk menampilkan riset yang pastinya nggak mudah. 

Mulai dari memunculkan kemauan untuk melakukan riset, memilih riset apa yang hendak ditampilkan, membuat produk, latihan tampil, hingga datang ke pasar riset. 

Setiap anak Ilalang membuat hasil risetnya di PowerPoint. Kemudian dikumpulkan ke fasilitator. Selain itu PowerPoint tadi di print dan dijilid spiral sehingga hasilnya lebih elegan. 

Bahkan ada juga anak yang bakal tampil meskipun sudah persiapan. Juga sudah berada di lokasi.

Dalam kesempatan ini pula ada orang tua yang berbagi 5 rumus Deep talk dengan anak yaitu Amati, intip, ulas, energi, orientasi. 

Bagi saya, orang tua yang anaknya sekolah di ilalang, kesempatan seperti ini sangat baik mendukung kemampuan anak. Mereka jadi belajar riset dan presentasi (berbicara di depan orang banyak). Kesempatan pula untuk melihat kedekatan dengan anak dalam mempersiapkan riset itu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun