Mohon tunggu...
Sunnii Irtiyah Harahap
Sunnii Irtiyah Harahap Mohon Tunggu... Mahasiswa Semester I UINSU Medan

Mahasiswa Semester I UINSU Medan

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Jus NaSi

3 Desember 2019   19:54 Diperbarui: 5 Desember 2019   18:58 0 0 0 Mohon Tunggu...

Jus NaSi

(Nanas mix Sawi)

Oleh : Sunnii Irtiyah Harahap

Mahasiswa FKM UINSU

            Agaknya, hampir semua suka jus. Mengutip Wikipedia, Jus adalah sari buah. Kata jus berasal dari bahasa inggris juice, tetapi lebih tepatnya fruit juice. Jus adalah cairan yang terdapat secara alami dalam buah buahan. Sari buah populer dikonsumsi manusia sebagai minuman. Biasanya dibuat dengan cara memblender buah – buahan bersama sedikit air dan takaran gula yang sesuai.

            Jus nanas mungkin sudah awam kita dengar untuk dikonsumsi. Namun bagaimana halnya dengan jus nanas yang dicampur dengan daun sayur sawi? Terdengar seperti aneh untuk dikonsumsi bukan? Pasti kita sudah bisa membayangkan bagaimana rasa dari campuran kedua bahan minuman jus tersebut. Jus campuran nanas dan sawi ini akrab disebut dengan jus NaSi (Nanas mix Sawi)

           Begitupun saya dulu ketika pertama kali mengkonsumsi jus tersebut rasanya begitu asing di lidah, namun nikmat dan segar. Ibu saya pernah mengatakan bahwa jus ini banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan kita, yang paling saya ingat salah satu manfaatnya yaitu dapat membantu proses diet sehat. Kalangan remaja pada era ini banyak sekali yang menjaga berat badannya agar tetap ideal, salah satu caranya yaitu dengan melakukan Diet. Diet adalah sebuah metode yang mengatur asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh – guna mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol. (DokterSehat.com)

          Adapun manfaat jus sawi nanas yaitu sebagai sumber vitamin dan mineral, dimana Sawi merupakan sayur kaya vitamin A, C, dan K yang penting menjaga fungsi tubuh. Vitamin C dan A adalah antioksidan alami yang kuat melindungi tubuh dari radikal bebas, memperkuat imunitas dan menjaga kesehatan penglihatan. Vitamin K sendiri berfungsi menjaga kepadatan tulang dan bahkan mampu mencegah kerusakan syaraf otak.

         Sawi juga merupakan sumber zat besi, magnesium, kalsium, seng, kalium, selenium, mangan, folat protein, dan serat makanan yang baik untuk pencernaan dan penurunan kolesterol. Asam folat sangat baik dalam sintesis DNA, mencegah cacat janin dan menjaga perkembangan janin sehat. Manfaat lainnya yaitu kaya akan antioksidan, membantu detoks tubuh, mencegah kanker, menyehatkan tulang, baik bagi penderita diabetes, membantu bagi penderita insomnia, melancarkan sistem pencernaan, dan membantu mengendalikan kolesterol (famela.com).

        Perlu kita ketahui, jika kita mengkonsumsi nanas dalam jumlah yang terlalu banyak dapat menyebabkan efek samping, diantaranya ketidaknyamanan pada selaput lendir di mulut, termasuk bibir, lidah, dan pipi. Namun efek tersebut akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa jam. Nanas mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Oleh karena itu, mengkonsumsi nanas dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan diare, mual, muntah, sakit perut, atau dada terasa panas, akibat efek kelebihan vitamin C. (honestdocs.id)

        Selain itu jumlah bromelain yang sangat tinggi dapat menyebabkan munculnya ruam kulit, muntah, diare, dan perdarahan menstruasi yang berlebihan.Porsi yang sesuai untuk mengkonsumsi nanas tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran berapa banyak nanas yang perlu kita konsumsi setiap hari. (honestdocs.id)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x