Mohon tunggu...
Sundari S
Sundari S Mohon Tunggu... Guru - S.Pd., M.Pd

Purna tugas sebagai Karyawati BUMN, Kepala & Guru Sekolah Dasar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menghitung Bilangan Pecahan (Best Practice)

24 November 2023   04:00 Diperbarui: 24 November 2023   05:34 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lokasi: SD Islam Riyadlul Mubtadiin Kedok

Lingkup Pendidikan: Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai:

  • Setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan video, peserta didik mampu menjelaskan cara penjumlahan, pengurangan dan perkalian dengan penyebut berbeda (C2-memahami)
  • Setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media peserta didik mampu memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan dan perkalian pecahan dengan penyebut berbeda (C4-menganalisis)
  • Setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan diskusi bersama teman, peserta didik mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang pembagian bilangan pecahan dari media roti bulat dengan benar (P5)

Penulis: Sundari

Tanggal: 13 dan 30 November 2023

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah :

Berdasarkan pengamatan saya sebagai guru kelas .V (lima) di SD Islam Riyadlul Mubtadiin Kedok, diketahui bahwa minat belajar peserta didik masih rendah dalam pembelajaran Matematika materi penjumlahan, pengurangan dan perkalian dalam penyebut berbeda. Peserta didik juga mengalami kesulitan untuk mengerjakan dalam soal cerita. Kondisi tersebutdipandang perlu untuk lebih optimal dalam menggunakan model pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan ?

Hal ini sangat penting agar supaya pembelajaran yang dilakukan oleh guru di dalam kelas menjadi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran Matematika materi materi penjumlahan, pengurangan dan perkalian dalam penyebut berbeda, serta menjadi upaya dalam memberikan pembelajaran yang bermakna kepada peserta didik. Selain itu, hal ini menjadi penting karena untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan model pembelajaran inovatif pada pembelajarannya di kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun