Mohon tunggu...
Sukma Hidayat
Sukma Hidayat Mohon Tunggu... Pelajar

Seorang Pelajar di DKI Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Penerapan Knowledge Management

26 Oktober 2020   20:04 Diperbarui: 26 Oktober 2020   20:14 14 0 0 Mohon Tunggu...

Nama : Sukma Nur Hidayat

Program Studi : Teknologi Pendidikan - Universitas Negeri Jakarta

Knowledge management terdiri dari dua kata yaitu knowledge dan management. Menurut Gilbert Probst (2001, pp.24) dalam bukunya Managing Knowledge Building Block for Success mengemukakan bahwa knowledge adalah keseluruhan bagian dari pengetahuan yang ada dan keterampilan individu yang digunakan untuk memecahkan masalah. Geoge Robert Terry mengartikan manajemen sebagai proses khas dari beberapa tindakan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Seluruh tindakan tersebut bertujuan mencapai target dengan memanfaatkan semua sumber daya yang tersedia. 

Menurut  Davidson  dan  Voss,  knowledge  management  adalah  sistem  yang  memungkinkan perusahaan menyerap pengetahuan, pengalaman, dan kreativitas para stafnya untuk perbaikan kinerja perusahaan (Ghalia Indonesia, 2012:2). Jadi, bisa disimpulkan bahwa manajemen pengetahuan adalah suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kinerja para pekerjanya dengan memanfaatkan pengetahuan yang mereka miliki untuk dikelolan kemudian disebarluaskan agar terjadi peningkatan pengetahuan dan kemampuan.

Tiga Unsur dalam Knowledge Management

1. Manusia

Dalam knowledge management unsur yang paling penting adalah manusia karena di dalam diri manusialah tersimpan segala pengetahuan dan manusia lah yang mengembangkan pengetahuan tersebut. Tanpa adanya pengetahuan dari manusia maka tidak akan ada informasi yang harus dikelola dan disebarkan.

2. Teknologi

Kehadiran teknologi memang ditunjukan untuk mempermudah kahidupan manusia dalam menyelesaikan pekerjaanya. Kita sadari bahwa manusia tidak selamanya bisa hidup di bumi ini dan dengan memanfaatkan teknologi kita dapat mengelola dan menyimpan segala bentuk pengetahuan dari manusia misalnya dengan menuliskan buku, membuat video, dan sebagainya.

3. Proses

Proses adalah urutan pelaksanaan atau kejadian yang saling terkait yang bersama-sama mengubah masukan menjadi keluaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Proses meliputi proses menangkap dan menyaring serta menyebarkan pengetahuan kepada seluruh orang yang menjadi bagian dari perusahaan. Jadi setiap orang bisa menjalankan perannya dengan efektif dan efisien.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x