Mohon tunggu...
Maskatno Giri
Maskatno Giri Mohon Tunggu... Guru - Mas Guru b. Inggris SMAN 1 Girimarto - SMAN 1 Sukoharjo

Sukatno Wonogiri atau sering dikenal Maskatno Giri orang desa yang biasa-biasa saja, mau berusaha belajar dari siapa saja, diberi amanah mengajar b Inggris SMA N 1 Girimarto dan SMAN 1 SUKOHARJO.Dia juga pemilik dan pengelola blog pembelajaran untuk siswanya:sukatnowonogiribelajar.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Diary

Menjadi Kaya Cukup Modal Nekat (Sepenggal Kisah)

16 Agustus 2021   13:56 Diperbarui: 17 Agustus 2021   16:01 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

       Sekedar berbagi kisah. Sebagai inspirasi :tetap semangat dan brsyukur. Dulu aku ragu bahwa aku apa bisa menjadi kaya. Modal hidup cuma kolor n nekat.
Namun kini aku sudah punya cukup bukti bahwa 'modal finansial' bukan yang paling mendesak untuk  menjadi kaya.

       Teringat masa muda. Aku tidak punya modal untuk melanjutkan ke SMA.       Maklum dari  keluarga petani  Wonogiri dengan lahan tandus. Jelas  kondisi  kami sangat miskin . Tidak  mampu bersekolah , bahkan  ke jenjang SMA.

      Kuputuskan MODAL NEKAT merantau ke Solo.. Aku mendaftar sendiri ke SMA . Untuk biaya saya berjualan koran.  Setelah lulus SMA, ber MODAL NEKAT mendaftar ke  FKIP b. Inggris  UNS , dan diterima.  Selama kuliah bermodal NEKAT lagi berpromosi door to door menjadi guru b. Inggris n matematika.Terlalu sibuk kerja. Tidak terasa, aku sudah sampai di semester 6. 

        MODAL NEKAT lagi mendaftar beasiswa  Ikatan Dinas. Padahal IPK  pas pasan. Cuma modal belas kasihan dari Tuhan.Alhamdulillah, aku lolos sebagai penerima  beasiswa  Ikatan Dinas . Tentu saya harus cepat cepat rampung kuliah, karena dijanjikan dan  harus bersedia  ditempatkan  di mana saja menjadi guru  PNS, setelah lulus dan diwisuda.

Akhirnya saya mampu menyelesaikan kuliah. Tanpa pernah meminta -  meminta uang seperserpun  ke saudara atau ortu. Keyakinanku terbukti Allah  Maha Kasih kepada orang -orang BERMODAL NEKAT sepertiku.

Empat bulan setelah wisuda. Bermodal nekat saya memutuskan menikah dengan orang yang belum kukenal. Pacaran no way!!Saya cukup berdoa, sebelum menikah: Ya Allah karuniakanlah aku istri shalihah, kami ingin hidup barokah.   Aku dijodohkan oleh kakaku dengan wanita cantik murid  pengajiannya.

Setelah menikah, keluargaku semakin bahagia.  Kami suami istri sepakat  menjadi pasangan yang mau bersyukur. Apalagi kami dikaruniai  seorang anak. Setelah anak pertama lahir, beberapa bulan kemudian SK PNS ku turun. Aku ditempatkan di SMA N 1 GIRIMARTO .

Mengawali menjadi guru PNS dengan gaji masih kecil.  No problem. Kami sudah terbiasa prihatin. Saya terbiasa menahan diri. Walau sudah PNS  saya menahan  untuk  tidak  beli motor bagus, perabot rt yg bagus dll. Namun,  dengan modal nekat saya  beli tanah murah 3 tempat melaui  potong gaji.  Padahal temen2 PNS  sudah menikmati motor n Mobil lux.

Beberapa tahun kemudian,  tanah yang kubeli seharga 15 juta ,kini bisa laku ratusan juta , tanah yang kubeli 30 juta bisa terjual laku 200 juta lebih.  Dan aku mampu invest rumah. Bukan untuk pamer pamer  dalam waktu  4 tahun sj kami bisa mendapat keuntungan ratusan juta rupiah . 

Kini dari modal nekatku aset tanahku bisa breast milyaran. Ini sebagai bukti:  modal nekat pun, kita bisa semakin kaya. Hikmah ini menasihatkan kepada kita untuk tetap semangat bersyukur. Tak akan terlupakan atas bukti  dulu aku kere , modal nekat bisa lebih kaya. Alhamdulillah 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun