Mohon tunggu...
Sukarno
Sukarno Mohon Tunggu... Pelajar

Setiap orang adalah media

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Bersama Masyarakat, Mahasiswa PMM UMM Gotong Royong Membangun Selokan Air

17 April 2021   09:32 Diperbarui: 17 April 2021   09:44 170 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bersama Masyarakat, Mahasiswa PMM UMM Gotong Royong Membangun Selokan Air
Ilustrasi Kegiatan Goyong Royong-Dokpri

Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 21 Kelurahan Polowijen, Kecamatan Blimbing, Kota Malang Jawa Timur masih berjalan. Pada hari Minggu (04/4/2021) dilaksanakan kegiatan gotong royong dalam pembuatan selokan air di sekitar RT.04 bersama LINMAS (Perlindungan Masyarakat) Kelurahan Polowijen.

Ditengah - tengah kegiatan dan program kerja PMM UMM, ketua RT.04 menawarkan kami untuk membantu dan ikut serta dalam kegiatan membuat selokan air di sekitar RT.04 yang sering terjadi banjir di saat hujan deras.

"Dengan ikut serta dalam berbagai kegiatan masyarakat secara tidak sadar kita menghargai apa yang ada di Kelurahan Polowijen ini. Juga sebaliknya masyarakat begitu terbuka terhadap seseorang yang mampu menghargai apa yang ada di Kelurahan Polowijen," ujar Pak Lutfi ketua RT.04.

Kegiatan gotong-royong pembuatan selokan air yang dilakukan oleh masyarakat RT.04 dan LINMAS serta Mahasiswa PMM UMM begitu cepat prosesnya. Dalam kurun waktu 6 jam hampir seluruh pembuatan selokan air yang sudah dibuat. Kerjasama serta kekompakan dalam pembuatan selokan air ini begitu maksimal. Etos kerja masyarakat  mampu menumbuhkan jiwa semangat kerja bagi mahasiswa yang menjalankan pengabdian ini.

"Dengan adanya Program Pengabdian Masyarakat seperti ini bisa menyadarkan diri bahwa di mana kita tinggal, harus bisa menempatkan diri di lingkungan masyarakat yang ditinggali. Seperti kegiatan gotong-royong seperti ini, di mana sikap ikhlas berbuat untuk banyak orang saat ini sulit ditemukan sekarang," ujar salah satu anggota Linmas.

VIDEO PILIHAN