Mohon tunggu...
Sukadi
Sukadi Mohon Tunggu... Lainnya - Kepala SMPN 1 Sukomoro Magetan

Saya suka menulis, karena dengan menulis bisa menghadirkan kebahagiaan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sekolah Berkarakter Juara

27 Januari 2023   22:06 Diperbarui: 27 Januari 2023   22:10 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jangan harap luar biasa jika yang kau lakukan biasa-biasa saja. Kalimat tersebut sangat cocok untuk menggambarkan awal langkah SMPN 4 Pakem menjadi sekolah yang berkarakter juara. Saya tidak hendak menguraikan satu persatu prestasi yang telah diraih oleh sekolah ini, pembaca bisa browsing internet untuk tahu apa saja torehan prestasi dan keunggulan sekolah yang berada di Jalan Kaliurang, Sleman Yogyakarta yang dinahkodai oleh Ponidi, S.Pd.

Tentu bukan hal yang mudah untuk mengubah sekolah yang semula kurang diminati oleh masyarakat sekitar menjadi sekolah yang memiliki sumber daya dan prestasi di segala bidang baik nasional maupun internasional. Butuh waktu, perjuangan dan proses yang panjang, bahkan sampai berdarah-darah untuk mewujudkannya. 

Mungkin perjuangan tersebut tidak akan bisa dinarasikan, bahkan diteoritiskan sebab sebuah kesuksesan, prestasi maupun hasil yang telah diraih itu berawal dari kerja keras, kerja ikhlas dan kerja cerdas dari seluruh komponen warga sekolah khususnya kepala sekolah dalam memanajerial dirinya sendiri hingga mengakar pada guru, peserta didik dan orang tua/wali meluas ke masyarakat pada umumnya.

Ponidi, S.Pd Kepala SMPN 4 Pakem bukan hanya seorang leader, tetapi juga manager, enterpreuneur dan tentu segudang inovasi yang membawa sekolah yang dipimpinnya berbeda dari sekolah lainnya. Ketangguhannya, keteladanannya menjadi energi positif yang mampu menyulut semangat semua warga sekolah.

Beliau mampu mengorganisasi dan mengoptimalkan seluruh potensi sekolah. Cekatan dalam membangun sinergi dengan para stakeholders. Tidak heran jika proses itu membuahkan hasil yang luar biasa. Salah satunya berpegangan idiom metafora pepatah Jawa Jeneng dhisik nembe Jenang.

Study Inspirasi MKKS SMPN Magetan benar-benar terinspirasi oleh sosok Ponidi, S.Pd dalam mengelola sekolahnya. Semoga kami bisa memetik dan menimba pengalaman yang beliau sampaikan saat kami berkunjung dan melihat dari dekat sekolah yang menjadi pioner di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Harapannya, kami bisa meniru dan mengekor inovasi-inovasi dan budaya mutu sekolah ini, dengan cara ATM (Amati Tiru Modifikasi) di sekolah masing-masing sebagai bekal menjadikan pendidikan yang bermutu dan berkualitas di Kabupaten Magetan.

dokpri
dokpri

//

 

Yogyakarta, 26 Jan 2023

 

Salam literasi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun