Mohon tunggu...
Suhernawati
Suhernawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Akuakultur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Edukasi Pembuatan Probiotik Ikan Menggunakan Bahan Alami

12 Agustus 2021   10:55 Diperbarui: 12 Agustus 2021   11:00 41 0 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Semarang (11/8/2021), Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai mengharuskan masyarakan harus lebih inovatif dalam menjalankan usahanya. Ada beberapa masyarakat di lingkungan Kelurahan Wates tepatnya di RW.02 memiliki sampingan melakukan budidaya ikan dipekarangan rumah. 

Namun, karena budidaya hanya dijadikan usaha sampingan masyarakat terjadi beberapa permasalahan yang muncul ditengah perjalanan diantaranya yaitu pembudidaya kerap mengalami kematian masal sebelum masa panen. 

Beberapa masyarakat yang melakukan budidaya menggunakan jenis kultivan ikan lele, ikan lele termasuk komoditas perikanan yang kuat akan tetapi tidak menjamin bebas dari penyakit. Perkembangan lele yang cukup lama juga membuat pembudidaya kerap menunggu 2-3 bulan untuk sekali panen.

Kurangnya edukasi terkait penggunaan dan pembuatan probiotik pada pakan serta kolam membuat seseorang mahasiswa KKN Undip Tim II Periode 2021 memperkenalkan probotik kepada masyarakat pembudidaya dan memberikan penyuluhan pembuatan probiotik yang praktis dan mudah secara mandiri. 

Probiotik yang dibuat menggunakan bahan dasar dari bakteri baik menjadi mikroorganisme hidup yang bermanfaat bagi ikan.

Manfaat probiotik ini diantaranya yaitu : meningkatkan nafsu makan ikan, melancarkan pencernaan ikan, meningkatkan daya tahan tubuh ikan , mengurangi bau tidak sedap pada kolam, dan membantu meningkatkan penyerapan nutrisi kedalam tubuh ikan.

Penulis : Suhernawati (Akuakultur/Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan/ Universitas Diponegoro)

Dosen Pembimbing : Dr. Fuad Muhammad, SSi, MSi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan