Mohon tunggu...
Suhardy Amir
Suhardy Amir Mohon Tunggu... Guru - Guru - Trainer - Duta Canva Indonesia

Saya adalah seorang guru dan juga sebagai trainer di berbagai platform edutechnology

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Upaya Peningkatan Peserta Didik dalam Berbicara pada Materi Teks Naratif Model Problem Based Learning dengan Media Pembelajaran Audio Visual

29 September 2022   20:55 Diperbarui: 29 September 2022   21:15 332
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kondisi Latar Belakang Masalah

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:

  • Faktor internal siswa (Bakat Siswa)
  • Kemampuan Bahasa Inggris siswa yang rendah (vocabulary, grammar dan pronounciation)
  • Kreatifitas pendidik dalam mengelola pembelajaran masih kurang
  • Strategi/teknik dan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran belum tepat
  • Manajemen kelas yang kurang maksimal
  • Interaksi antara pendidik dan peserta didik masih belum optimal
  • Pendidik belum mengoptimalkan dalam membuat rancangan pembelajaran

kondisi diatas juga sangat dipengaruhi oleh pendidik pada saat mengajar tidak menggunakan media, dan metode pembelajaran yang dilakukan cenderung monoton dan lebih banyak menggunakan metode ceramah

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?

Karena banyak pendidik yang mengalami permasalahan seperti yang dialami oleh pendidik, sehingga praktik ini selain diharapkan dapat memotivasi diri pendidik sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi bagi rekan pendidik lain.

Peran dan tanggung jawab 

Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini adalah sebagai pendidik mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dapat tercapai sesuai yang diharapkan

Tantangan untuk mencapai tujuan

Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, wawancara dengan pendidik, kepala sekolah serta pakar, maka pendidik menemui beberapa tantangan yang terjadi yaitu :

  • Kurangnya interaksi antara pendidik dan peserta didik selama proses pembelajaran
  • Pembelajaran hanya berpusat pada pendidik
  • Model pembelajaran yang diterapkan belum inovatif dan belum relevan dengan kebutuhan peserta didik
  • Penggunaan media pembelajaran yang belum optimal untuk memancing siswa mau berbicara
  • Kurangnya pemanfaatan media TPACK dalam proses pembelajaran.

Siapa saja yang terlibat?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun