Kondisi Latar Belakang Masalah
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:
- Faktor internal siswa (Bakat Siswa)
- Kemampuan Bahasa Inggris siswa yang rendah (vocabulary, grammar dan pronounciation)
- Kreatifitas pendidik dalam mengelola pembelajaran masih kurang
- Strategi/teknik dan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran belum tepat
- Manajemen kelas yang kurang maksimal
- Interaksi antara pendidik dan peserta didik masih belum optimal
- Pendidik belum mengoptimalkan dalam membuat rancangan pembelajaran
kondisi diatas juga sangat dipengaruhi oleh pendidik pada saat mengajar tidak menggunakan media, dan metode pembelajaran yang dilakukan cenderung monoton dan lebih banyak menggunakan metode ceramah
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?
Karena banyak pendidik yang mengalami permasalahan seperti yang dialami oleh pendidik, sehingga praktik ini selain diharapkan dapat memotivasi diri pendidik sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi bagi rekan pendidik lain.
Peran dan tanggung jawabÂ
Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini adalah sebagai pendidik mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dapat tercapai sesuai yang diharapkan
Tantangan untuk mencapai tujuan
Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, wawancara dengan pendidik, kepala sekolah serta pakar, maka pendidik menemui beberapa tantangan yang terjadi yaitu :
- Kurangnya interaksi antara pendidik dan peserta didik selama proses pembelajaran
- Pembelajaran hanya berpusat pada pendidik
- Model pembelajaran yang diterapkan belum inovatif dan belum relevan dengan kebutuhan peserta didik
- Penggunaan media pembelajaran yang belum optimal untuk memancing siswa mau berbicara
- Kurangnya pemanfaatan media TPACK dalam proses pembelajaran.
Siapa saja yang terlibat?