Mohon tunggu...
Sugiyanto Hadi Prayitno
Sugiyanto Hadi Prayitno Mohon Tunggu... Lahir di Ampel, Boyolali, Jateng. Sarjana Publisistik UGM, lulus 1982. Pensiunan Pegawai TVRi tahun 2013.

Pensiunan PNS, penulis fiksi. Menulis untuk merawat ingatan.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Tak Peduli Ramadan, Kejahatan Finansial Perbankan Terus Mengancam

8 Mei 2019   23:57 Diperbarui: 12 Mei 2019   22:20 0 0 0 Mohon Tunggu...
Tak Peduli Ramadan, Kejahatan Finansial Perbankan Terus Mengancam
tersangka pembobol bank (datariau.com)

Wah, ini tema yang sangat tidak familier. Membaca berita dan informasi mengenai hal itu pun penulis hampir tidak pernah. Karena memang tidak tertarik, tidak terkait, dan rasanya jauh dari sana.

Sebagai pensiunan yang rutin sebulan sekali saja berhubungan intim dengan salah satu perbankan rasanya miris untuk memulai menulis. Tentu saja anak dan mantu yang terjun ke usaha swasta rasanya lebih akrab dengan persoalan itu. Mereka memiliki e-banking, melakukan transfer untuk berbagai urusan, dan entah apa lagi dilakukan sambil bekerja di depan komputer, mengendari kendaraan,  terbangun di tengah malam, dan lainnya. Penulis jauh dari aktifitas itu, lalu harus menulis apa?

Kejahatan finansial perbankan? Apa modusnya? Dilakukan pada bulan Ramadhan pula? Bagaimana cara mewaspadainya? Oh, mahluk macam apakah itu. . . . . hehehe.

Tercenung-cenung juga penulis dihadapkan pada pertanyaan itu. Tapi lantaran terlanjur ada niatan mengisi satu hari satu tulisan di bulan Ramadhan, kebetulan ada tantangan, maka nekat saja.  Tantangan tahun lalu pun ikutan, dengan hasil minimalis, dan sekarang. . . . lanjut.

Dan seperti setiap kali, mencari referensi kesana-kemari. Perlu waktu dan konsentrasi tersendiri. Baru mencari-cari tema yang sesuai dengan tuntutan npenyelenggara acara.

Nah, itu saja sebagai pengantar.

*

Teller Main Tilap dan Situs Palsu

Oknum pegawai BRI ditangkap karena 'menilap' Uang Nasabah hingga Rp2,3 Miliar (hSumber 1)

Pelakunya bernama Rika (28), seorang teller Bank BRI Unit Toddopuli. Ia ditangkap Dirkrimsus Polda Sulsel karena menilap (menggelapkan) uang puluhan nasabah Bank BRI di Makassar, hingga Rp2,3 miliar.

Demikian ungkap Kabid Humas Polda Sulsel di Makassar, Rabu (30/1/2019).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x