Mohon tunggu...
Sucen
Sucen Mohon Tunggu... Hidup itu sederhana, putuskan dan jangan pernah menyesalinya.

Masa depan bukan Tahun depan, Bulan depan, bahkan minggu depan masa depan adalah hari ini. Manfaatkan hari ini dengan baik maka itulah masa depanmu.

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi

Pentingnya Peran Fasilitator Adminduk Desa

12 Desember 2019   07:12 Diperbarui: 12 Desember 2019   07:20 53 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Peran Fasilitator Adminduk Desa
Doc. Sucen

Bumiayu, demi mewujudkan dan memperbaiki mutu pelayanan terkait dokumen kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Brebes bersama Kompak adakan Pelatihan Fasilitasi Administrasi Kependudukan bagi Fasilitator Adminduk Desa (FAD) guna mendekatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan ke Masyarakat Desa atau Kelurahan bertempat di Hotel Anggraeni. Selasa, (11/12/2019).

Mengapa Fasilitator Adminduk Desa penting, tugas FAD diantaranya memastikan kepemilikan dokumen kependudukan untuk semua warga desa atau kelurahan, ikut memperbaiki data kependudukan pada skala dusun di setiap desa atau kelurahan dan data kependudukan akan digunakan untuk perencanaan pembangunan mulai dari tingkat dusun hingga Nasional.

FAD memiliki peran sebagai petugas yang memfasilitasi permohonan dokumen kependudukan bagi warga desanya, dalam tugasnya adalah mendata mengidentifikasi, memverifikasi data penduduk terkait permohonan dokumen kependudukan.

Selanjutnya FAD akan meneruskan berkas permohonan dari warga ke Disdukcapil untuk dicetak sesuai kebutuhan pemohon. FAD dalam melayani dan memproses dokumen kependudukan nantinya di Disdukcapil akan ditempatkan pada loket khusus, loket kerjasama khusus melayani permohonan dari FAD.

FAD juga merupakan kepanjangan tangan Pemerintah Desa dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten dalam memberikan pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil di desa atau kelurahan.

Melakukan pencatatan berkala dengan melengkapi :

Buku Induk Penduduk

Buku Mutasi Penduduk

Buku rekapitulasi jumlah penduduk

Buku penduduk sementara dan

Buku dokumen kependudukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN