Mohon tunggu...
Sudomo
Sudomo Mohon Tunggu... Guru - Guru Penggerak Lombok Barat

Guru IPA SMP Negeri 3 Lingsar | Ketua Komunitas Guru Penggerak Lombok Barat | Penulis Buku 'Di Penghujung Pelukan (Mediakita), 'Pahlawan Antikorupsi: Sudah Adil, Kok!' (Funtastic MnC Gramedia), 'Tim Pencari Pesawat Sederhana' (Penerbit ANDI)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pendampingan Individu 1 CGP Angkatan 6

3 November 2022   06:08 Diperbarui: 3 November 2022   06:31 1687
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendampingan Individu 1 (Dok. Pribadi) 

Mataram - Sesuai jadwal, pendampingan individu-1 bagi Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 6 kota Mataram dilaksanakan mulai tanggal 22 - 28 Oktober 2022. Pelaksanaan pendampingan dilakukan oleh Pengajar Praktik (PP) di masing-masing sekolah CGP. Masing-masing pendampingan dilaksanakan selama 4 jam pelajaran (4 x 45 menit). Selama total 180 menit, PP berdiskusi dengan CGP terkait fokus pendampingan individu-1. 

Fokus pendampingan individu-1 meliputi tindak lanjut hasil belajar, tindak lanjut hasil lokakarya orientasi, pembuatan kerangka portofolio digital serta posisi diri dan rencana pengembangan kompetensi. Guna ketercapaian tujuan, pendampingan individu-1 dilaksanakan melalui model coaching. PP berusaha memberikan pertanyaan terbuka terkait permasalahan yang dihadapi oleh CGP. Pada akhir coaching, CGP mampu merumuskan sendiri solusi dari permasalahan yang dihadapinya. Peran PP hanya sebagai penuntun. 

Pendampingan Individu 1 (Dok. Pribadi) 
Pendampingan Individu 1 (Dok. Pribadi) 

Secara umum aktivitas pembelajaran selama pendampingan individu-1 berjalan lancar. Hal ini karena adanya komunikasi awal dengan CGP sebelum PP melakukan pendampingan. Pada tahap awal pendampingan, pendamping terlebih dahulu menanyakan kabar. Setelah itu menyampaikan tujuan dan fokus pendampingan. Tidak lupa meminta CGP menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dalam pendampingan. Dokumen tersebut meliputi Lembar Kerja 2 Posisi Diri, Kerangka Portofolio Digital, dan dokumentasi aksi nyata. 

Pendampingan Individu 1 (Dok. Pribadi) 
Pendampingan Individu 1 (Dok. Pribadi) 

Pada tahap tindak lanjut lokakarya orientasi CGP mengutarakan terkait harapan dan kekhawatiran. Beberapa harapan, yaitu pembelajaran daring tidak mengganggu aktivitas dan tugas sebagai guru. Sementara itu, tidak ada kekhawatiran berlebihan terkait proses pembelajaran yang diikutinya selama. ini. 

Pendampingan Individu 1 (Dok. Pribadi) 
Pendampingan Individu 1 (Dok. Pribadi) 

Pada tahap tindak lanjut hasil belajar, CGP menemukan solusi dari coaching yang dilakukan pendamping. Solusi yang berhasil ditemukan terkait upaya mengembangkan diri dan orang lain. Melalui diskusi CGP mendapat gambaran tentang teknis implementasi aksi nyata submodul 1.4. 

Pendampingan Individu 1 (Dok. Pribadi) 
Pendampingan Individu 1 (Dok. Pribadi) 

Tahap selanjutnya adalah Pembuatan Kerangka Portofolio Digital. Sesi ini dijalankan dengan model mentoring. CGP memperoleh bimbingan dalam mengunggah aksi nyata dan dokumen lainnya ke portofolio digital yang sudah dibuat. CGP juga memperoleh masukan dari PP terkait menu wajib dalam portofolio digital. Pada tahap ini, terjadi perkembangan kompetensi CGP dalam mengelola portofolio digital sehingga tampilannya lebih menarik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun