Mohon tunggu...
suci maolia
suci maolia Mohon Tunggu... mahasiswa

game

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dice Roll Game dengan WebSocket: Penerapan Teknologi Real-Time dalam Pengembangan Game

30 April 2025   10:06 Diperbarui: 30 April 2025   10:06 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendahuluan:

Di era digital saat ini, aplikasi web yang membutuhkan interaksi secara real-time telah menjadi sangat populer. Aplikasi seperti game online, sistem chat, dan notifikasi langsung semakin sering ditemukan. Salah satu teknologi yang mendasari kemampuan ini adalah WebSocket. WebSocket memungkinkan komunikasi dua arah antara client dan server dengan latensi rendah, yang sangat penting untuk aplikasi real-time.

Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang WebSocket, menjelaskan bagaimana cara kerjanya, dan membahas penerapannya dalam aplikasi real-time. Selain itu, artikel ini juga akan mengungkap eksperimen sederhana menggunakan WebSocket dalam konteks aplikasi berbasis web.

Pembahasan Utama:

Apa itu WebSocket?

WebSocket adalah sebuah protokol komunikasi yang memungkinkan komunikasi penuh dua arah antara client (misalnya browser) dan server. Tidak seperti protokol HTTP yang bersifat stateless dan hanya mengizinkan komunikasi satu arah (client ke server), WebSocket memberikan koneksi yang persisten. Setelah koneksi dibuka, komunikasi dapat berlangsung terus-menerus tanpa perlu melakukan request ulang.

Eksperimen Implementasi WebSocket:

Tujuan Eksperimen

Menguji kemampuan WebSocket dalam mengirimkan informasi secara real-time ke banyak client sekaligus dengan membuat game sederhana: Lempar Dadu.

Alat yang Dibutuhkan:

  • Node.js (https://nodejs.org)
  • Library ws untuk WebSocket server
  • Install ws di cmd dengan perintah: “nps install ws”

Membuat Client WebSocket dengan HTML dan JavaScript: Sekarang, buat file index.html yang menghubungkan ke server WebSocket dan mengirim pesan:

Code lengkap : https://github.com/rmchii/DiceRollGame

Hasil Eksperimen:

Setelah menjalankan server WebSocket dan membuka file HTML di browser, kita dapat mengklik tombol untuk mengirim pesan ke server. Server kemudian akan menerima pesan tersebut dan mengirimkan balasan kembali ke browser, yang akan ditampilkan di layar.

Analisis:

Dalam eksperimen ini, kita melihat bagaimana WebSocket memungkinkan komunikasi dua arah yang lebih efisien daripada HTTP tradisional. Penggunaan WebSocket sangat menguntungkan dalam aplikasi yang membutuhkan pengiriman data secara terus-menerus, seperti aplikasi chat atau game online.

Kesimpulan:

WebSocket adalah protokol yang sangat berguna untuk aplikasi web real-time yang membutuhkan komunikasi dua arah secara langsung antara client dan server. Dengan mengurangi latensi dan overhead dibandingkan dengan HTTP, WebSocket sangat cocok untuk aplikasi interaktif seperti sistem pesan langsung atau game online. Dalam eksperimen ini, kita berhasil menunjukkan bagaimana implementasi WebSocket bekerja dalam aplikasi web sederhana.

Dengan memahami konsep dasar dan penerapan WebSocket, kita dapat mengembangkan aplikasi yang lebih efisien dan responsif, memenuhi tuntutan interaksi real-time di dunia digital yang semakin berkembang.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun