Mohon tunggu...
Subhan Tomi
Subhan Tomi Mohon Tunggu... Belajar84

Belajar menulis bukan karena ingin terkenal tetapi karena peduli. Sebelah Tangan Tidak Akan Bertepuk

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pasar Tradisional di Tengah Pandemi Covid-19

30 September 2020   09:08 Diperbarui: 30 September 2020   09:15 76 18 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pasar Tradisional di Tengah Pandemi Covid-19
Dokumentasi pribadi

Suasana pasar tradisional di rimo kecamatan Gunung meriah Aceh singkil, seperti terlihat dalam keadaan normal serta terlihat banyaknya warga berdasarkan untuk membeli kebutuhan seperti ikan, sayur mayur dan perlengkapan kebutuhan hidup sehari - hari tanpa menghiraukan ancaman coronavirus.

Pada 23 September 2020 dari tim gugus Covid19 Kabupaten Aceh Singkil, menemukan klaster baru perkantoran penyebaran covid-19 di kecamatan Gunung meriah Aceh singkil dengan terkonfirmasi positif hasil swab test laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Syah Kuala Banda Aceh, sebanyak 26 orang yang berdomisili di kecamatan Gunung meriah, saat ini kasus terkonfirmasi Covid19 di Aceh singkil 59 orang yang tersebar di 11 kecamatan.

Serambinews.com
Serambinews.com
Dari amatan dan pantau penulis di pasar tradisional, meningkatkan jumlah positif coronavirus tidak lantas berpengaruh bagi masyarakat terhadap aktivitas sehari-hari , bisa dilihat dari perilaku masyarakat di pasar tradisional mingguan Rimo , tidak ada pengaturan jarak pedagang dan pembeli , terlihat warga sebagian tidak memakai masker, membawa anak kecil dan berdesakan di tambah tidak ada tempat cuci tangan yang tersedia bagi pengguna pasar.

Ini menjadi catatan yang harusnya menjadi prioritas utama dalam pencegahan penyebaran karena ada peningkatan pada positif coronavirus, sementara itu telah dilaksanakan sosialisasi Peraturan Bupati Aceh Singkil Nomor 32 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 yang berlaku 1 oktober 2020 mendatang.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Hal ini harus menjadi perhatian khusus bagi Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Aceh singkil. Dengan karakter dan tingkat pemahaman berbeda terhadap bahaya penyebaran coronavirus ini sangat beragam, mengancam kesehatan masyarakat di masa New Normal.

Aceh singkil berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Utara baik dari jalur darat dan laut, dengan keberagaman adat istiadat, kebiasaan yang dimiliki masyarakat tentu dapat menambah resiko tinggi penyebaran corona virus.

Dengan adanya temuan klaster baru di perkantoran pelayanan kesehatan masyarakat gunung meriah membuat kita harus lebih waspada sekaligus membuktikan bahwa siapa saja dapat terserang virus ini ada 16 tenaga kesehatan terkontaminasi positif.

Sehingga lumpuhnya kegiatan pelayanan kesehatan pada masyarakat kecamatan Gunung meriah dan telah dilakukan tracing artinya akan ada terkonfirmasi positif baru, harus diwaspadai klaster yang lain seperti pada pesta perkawinan, pertemuan - pertemuan rapat, pasar danlain berkumpulnya banyak orang pada satu titik tertentu.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Seyogyanya, harus dikaji dari sisi antropologi kesehatan dengan mengubah perilaku sosial masyarakat, perkantoran yang biasanya tidak cukup hanya dengan petunjuk dengan memperhatikan wilayah seperti mencuci tangan dengan air yang mengalir sedangkan wilayah itu sangat sulit mendapatkan air bersih, menjaga jarak dilihat dari masih banyaknya masyarakat yang berkumpul dalam satu titik seperti di pasar, perlu ada strategi alternatif yang harus di siapkan dengan matang.

Pentingnya edukasi serta sosialisasi penerapan protokol kesehatan sangat membantu masyarakat mendapatkan pemahaman yang benar mengapa harus memakai masker, mengapa harus menjaga jarak, mengapa harus mencuci tangan sehingga dapat menyadarkan masyarakat secara keseluruhan.

Masalah fundamental dalam upaya pencegahan terhadap persoalan bencana ialah bagaimana pemerintah memperkuat kelembagaan relawan baik pusat atau daerah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x