Mohon tunggu...
Santuso
Santuso Mohon Tunggu... penulis, linguis, jurnalis, aktivis, dan pengajar ideologis

✔️ Blog Berbagi Inspirasi dan Informasi (mistertuso.blogspot.com)

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Bukan Cerita Fiktif, Ini Dia Kisah 5 Superhero Muslim Hebat

26 April 2021   05:50 Diperbarui: 26 April 2021   07:37 549 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bukan Cerita Fiktif, Ini Dia Kisah 5 Superhero Muslim Hebat
mistertuso.blogspot.com

Apa yang dipikirkan ketika mendengar frasa "Superhero"? Yah, pastinya kita akan langsung tertuju kepada tokoh-tokoh fiktif dalam film-film karya Barat. Kita pastinya sudah tidak asing lagi dengan film-film hero yang sejatinya hanyalah fantasi belaka.

Di film-film itu, kita disuguhkan kekuataan dari para superhero, seperti bisa mengangkat benda-benda besar; mengeluarkan sinar yang dapat menghancurkan benda; mengendalikan tanah, air, api, atau udara; berubah bentuk; punya akal jenius; membaca pikiran; menghilang dan berpindah tempat dengan cepat; dan sebagainya.

Setiap tokoh-tokoh superhero fiktif itu memiliki kekuatan masing-masing. Meskipun begitu, ada satu poin kesamaannya ialah mereka dibagi menjadi dua golongan. Ada superhero protagonis dan antagonis. Dengan berbagai aksi mereka yang seru dengan disertai bumbu-bumbu drama, inti dari akhir cerita pada umumnya ialah tim protagonis lah yang menang.

Menanggapi cerita fiktif superhero itu, ahli parenting Islam, Ustad M. Iwan Yanuar mengatakan, diciptakannya tokoh-tokoh superhero fiktif itu menunjukkan bahwa Barat tidak memiliki tokoh nyata yang hebat yang mampu dijadikan teladan bagi anak-anak mereka. Karena itu, Barat membuat tokoh-tokoh superhero fiktif agar anak-anak mereka takjub dan mau belajar hal positif dari tokoh fiktif itu.

Nah, tahukah kita, dalam Islam, ternyata ada lho superhero muslim. Mereka itu nyata, bukan fiktif, bukan pula cerita bohong-bohongan. Bahkan, kisah mereka jauh lebih hebat dari kisah superhero fiktif buatan Barat itu dan seharusnya kita bangga terhadap mereka.

Nah, agar mengenali mereka, yuk simak lima tokoh superhero muslim berikut agar kita bangga menjadi seorang muslim dan bisa meneladani kebaikan mereka.

1. Hero Terhebat

Jika kita menonton film superhero, pada umumnya kita bisa menyaksikan bahwa setiap superhero hanya memiliki satu atau beberapa kekuatan super. Namun, itu hanyalah fiktif belaka. Berbeda dengan nabi kita, Nabi Muhammad SAW. Beliau adalah nabi yang bisa dikatakan sebagai superhero terbaik yang pernah ada dan memiliki beragam kehebatan.

Astrofisikawan asal Amerika Serikat, Michael H  Hart pada 1978 pernah menulis buku berjudul The 100: A Ranking of the Most Influential Persons in History. Di dalam buku tersebut, ilmuwan itu menjadikan nabi kita sebagai orang pertama yang paling berpengaruh sepanjang sejarah. Hebat, bukan?

Bukan hanya hebat dalam urusan agama, beliau juga hebat dalam berdagang, membimbing keluarga, memimpin kelompok, memimpin perang, bahkan memimpin sebuah negara.

Sebelum menjadi nabi saja, beliau sudah digelari "Al-Amiin" (berarti: orang yang terpecaya) oleh masyarakat Arab lantaran kejujurannya dalam berdagang dan yang menjadikannya berbeda dari para pedagang pada umumnya. Karena kejujuran dalam berdagang itulah, beliau menjadi orang yang kaya. Tahukah kita, saat menikahi Khadijah, Rasulullah memberikan mahar senilai Rp 1 miliar lebih*. Begitu pula, ketika menikahi Aisyah, Rasulullah juga memberikan mahar senilai 1 miliar lebih*. (*konversi saat ini).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x