Mohon tunggu...
Steven LeotiAliman
Steven LeotiAliman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Ingin mencoba jd penulis

Selanjutnya

Tutup

Money

Seberapa Pentingnya Strategi Line Extension sebagai Penunjang Kesuksesan Sebuah Perusahaan?

30 Mei 2022   09:16 Diperbarui: 30 Mei 2022   09:29 243
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Sebagai seorang pengusaha, mendapatkan penghasilan semaksimal mungkin tentu menjadi tujuan Anda dalam berbisnis. Namun, di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, dibutuhkan inovasi dalam usaha Anda agar tidak kalah dengan kompetitor. 

Jaman sekarang banyak pengusaha memutar otak untuk meningkatkan efektivitas perusahaan nya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan line extension. 

Strategi line extension ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Banyak perusahaan di Indonesia baik dari perusahaan kecil, menengah sampai perusahaan besar  sudah menerapkan strategi line extension ini dalam perusahaan nya. 

Sebelum kita membahas mengenai perusahaan apa saja yang menggunakan strategi line extension ini, kita perlu mengetahui apa yang dimaksud oleh line extension itu dan juga apa saja kelebihan dan keuntungan jika perusahaan menggunakan strategi line extension ini, serta cara yang efektif jika perusahaan mau menggunakan line extension ini.

Line extension atau yang biasa disebut dengan perluasan lini menurut jurnal manajemen dan start up bisnis tahun 2018 dan dikutip dari manajemen inovasi adalah Line Extension adalah augmentasi dari jalur pelayanan yang sudah ada, seperti menambahkan menu baru, varian baru ataupun seri produk tertentu. 

Disini berarti ini adalah sebuah strat awalegi yang mengenalkan sebuah produk baru dibawah naungan produk yang telah memiliki merek atau brand yang memang sudah ada sebelumnya. 

Secara garis besar line extension adalah strategi bisnis yang dilakukan oleh produsen dengan cara menggunakan satu merek yang sama untuk memproduksi barang lain dari jenis/kategori yang sama. 

Sebagai salah satu contoh dimana perusahaan samsung membuat versi handphone dengan versi samsung dari samsung S1 sampai dengan S21 dengan versi dan fitur berbeda dan semakin canggih tentunya. Bahkan, samsung juga membuat tipe handphone dengan bentuk yang berbeda dan unik contohnya adalah Samsung Z Flip dengan bentuk dimana handphone yang bisa di lipat. 

Sebabnya konsumen sudah lebih familiar dengan produk yang sudah ada dan cenderung lebih ingin mencoba produk baru. Produk baru ini dapat memanfaatkan partner retail, rantai pasokan, kemasan, dan aspek-aspek lain yang sama dengan produk lama. 

Pengiklanan dan komunikasi baru tidak terlalu dibutuhkan karena produk baru yang diluncurkan mirip dengan produk lama yang sudah dikenal. 

Walaupun risikonya lebih rendah, potensi keuntungan juga lebih rendah. Produk baru menjadi saingan dari produk lama. Ada lebih sedikit peluang untuk penjualan tambahan karena produk baru dapat menyaingi produk yang sudah ada

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun